Kenapa Ponsel & Laptop Wajib Dimatikan Ketika di Pesawat?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 January 2021 17:08
Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai penerbangan di pelataran pesawat Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (4/1/2018)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat menggunakan pesawat, selalu ada larangan untuk mengaktifkan ponsel selama penerbangan berlangsung bahkan hingga mendarat. Lalu apa alasannya?

Salah satunya adalah dapat mengganggu kelancaran komunikasi di daratan. Jadi saat menggunakan ponsel dan berpindah tempat, akan ada perpindahan dari satu sel ke sel lainnya dan diperlukan pekerjaan rumit agar transisi berjalan dengan mulus.

Namun sistem ini akan terganggu bila pengguna di udara mengganggunya apalagi dengan jumlah ratusan. Maka itu Komisi Komunikasi Federal membatasi penggunaan ponsel seluler di pesawat.


Memang alasan ini bukan masalah besar. Namun ternyata ada resiko lain yang mengintai yakni mengganggu sistem kritis di pesawat.

Walau saat ini sebagian besar sudah tak ada yang menggunakannya, namun ponsel GSM 2G kerap mengganggu sistem elektronik di sekitarnya. Pemilik perangkat lain akan mendengarkan dengungan saat ada ponsel 2G yang melakukan panggilan.

Dengungan ini juga bisa terdengar pada sistem navigasi pesawat yang memang terkenal sangat sensitif. Sejumlah peneliti menemukan emisi elektomagnetik dari perangkat pribadi dapat mengganggu sistem pesawat khususnya yang berada di band 800-900 Mhz, dikutip The Conversations, Rabu (12/1/2021).

Namun masalah ini hanya ditemui pada pesawat yang berusia tua saja. Pesawat lebih baru telah didesain untuk dapat menangani perangkat-perangkat pribadi yang dibawa terbang.

Solusinya adalah sebaiknya mengaktifkan airplane mode. Jadi ponsel tidak akan menerima sinyal seluler selama penerbangan dan tidak ada telepon atau SMS yang masuk.

Aturan ini juga dibuat oleh Federal Aviation Administration yang memperbolehkan smartphone bisa digunakan asal airplane mode diaktifkan.

Airplane Mode sebenarnya juga mematikan fungsi Wifi dan Bluetooh, namun bisa diaktifkan kembali di atas pesawat. Inovasi menyediakan layanan internet juga terus dilakukan oleh para Maskapai penerbangan.

Misalnya Delta yang menawarkan layanan gratis melalui Wifi untuk sejumlah aplikasi tertentu misalnya Facebook Messenger dan WhatsApp.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading