Cek Nih, Sederet Alasan Perlunya Pakai VPN Saat 'Surfing'

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 January 2021 17:11
VPN (Stefan Coders from Pixabay )

Jakarta, CNBC Indonesia - VPN atau Virtual Private Network digandrungi saat ini. VPN menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data sehingga bisa mengakses segala informasi secara private.

Di saat suatu wilayah mengalami konflik atau pembatasan akses internet, masyarakat kerap kali memanfaatkan VPN agar tetap dapat mencari informasi dan sumber berita yang terpercaya.

Riset dari berbagai sumber, yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (12/1/2021), VPN Online salah satunya digunakan untuk mendapatkan berita penting dan adil dari wilayah yang disengketakan dan negara yang bermusuhan demi arus informasi yang bebas.

Menggunakan VPN memungkinkan seseorang untuk mengakses situs web berita, platform media sosial atau aplikasi yang diblokir. Tak hanya itu, masih terdapat pula manfaat lain dalam penggunaan VPN yang membuatnya awam digunakan oleh masyarakat luas meski tidak sedang berada dalam wilayah yang dibatasi.

VPN mampu melindungi dan mengamankan data pengguna saat mereka berinteraksi dengan aplikasi atau properti web melalui internet. VPN mengamankan data pengguna dengan cara mengacaknya sehingga hanya pihak yang berwenang yang dapat memahami informasi tersebut, atau biasa disebut dengan enkripsi. VPN bekerja dengan membuat koneksi yang terenkripsi, inilah mengapa data yang dimiliki pengguna aman.

Cara Melindungi Data dan Privasi Dengan VPN

Data adalah konsep yang sebenarnya masih belum jelas dan dapat mencakup begitu banyak informasi yang dimiliki oleh setiap orang. Semenjak adanya internet, data menjadi hal yang sangat berharga.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak orang yang sadar akan pentingnya kerahasiaan data dan privasi mereka, mereka pun mencari cara untuk melindunginya.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data dan privasi Anda :

- Membersihkan cache cookie dan riwayat peramban Anda dapat mencegah jaringan iklan mengumpulkan terlalu banyak informasi mengenai Anda.

- Saat Anda mengunjungi situs web, Anda akan menemui HTTP atau HTTPS. Selalu pastikan situs yang Anda kunjungi telah menggunakan protokol HTTPS.

- Mesin pencari seperti Google dan lainnya menggunakan algoritma berdasar data Anda untuk memberikan pengalaman yang "dipersonalisasi". Untuk mencegah hal tersebut, pertimbangkan menggunakan mesin pencarian alternatif yang tidak mencatat riwayat dan memblokir pencatatan iklan.

- Aktifkan autentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah. Ini dapat menciptakan langkah tambahan untuk melindungi akun Anda.

- Tak dapat dipungkiri jika Wi-Fi publik memang nyaman, terutama saat Anda bekerja di kantor. Namun, Anda dapat membahayakan privasi dan keamanan jika menggunakannya tanpa pencegahan yang tepat.

- Selalu aktifkan VPN kapanpun perangkat tersambung ke internet. Seperti yang dijelaskan, VPN bekerja dengan mengenkripsi data Anda. Enkripsi ini tak hanya bermanfaat mengamankan data Anda, namun juga melindungi privasi Anda. Entah saat Anda terkoneksi dengan jaringan internet seluler ataupun Wi-Fi publik. VPN tetap menjalankan fungsinya untuk mengenkripsi data.





[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading