Catat! Ini Lokasi Suntik Vaksin Covid-19 di Indonesia

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 January 2021 11:39
Dokter memperagakan proses vaksinasi saat simulasi pemberian vaksin di Puskesmas Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10). Pemerintah Kota Depok akan menggelar simulasi pemberian vaksin corona. Pemberian vaksin idealnya sebanyak 60 persen dari jumlah penduduk Kota Depok. Adapun yang hadir bukanlah warga sungguhan yang hendak divaksin. Hanya perwakilan dari Pemkot Depok saja. Terdapat sejumlah tahapan alur yang akan diterapkan Pemerintah Kota Depok dalam pemberian vaksin. Orang yang masuk dalam kriteria mendapat vaksin akan diundang untuk datang ke puskesmas. Nantinya mereka duduk di ruang tunggu dengan penerapan protokol kesehatan. Mereka kemudian menunggu giliran dipanggil petugas. Setelah itu masuk ke ruangan untuk disuntik vaksin. Orang yang telah divaksin akan diregistrasi petugas guna memantau perkembangannya secara berkala.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bila tak ada halangan, Indonesia akan mulai menyuntikkan vaksin (vaksinasi) Covid-19 kepada penduduk Indonesia pada Januari 2021. Lokasi penyuntikan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Menurut petunjuk teknis (Juknis) resmi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang didapatkan CNBC Indonesia, ada empat lokasi fasilitas pelayanan kesehatan yang akan melaksanakan vaksinasi. Yakni:

  1. Puskesmas, puskesmas pembantu
  2. Klinik
  3. Rumah Sakit
  4. Unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Bagi fasilitas kesehatan tersebut harus memenuhi syarat berupa memiliki tenaga kesehatan pelaksana vaksin, memiliki rantai dingin yang sesuai dengan vaksin dan memiliki izin operasional fasilitas kesehatan.


"Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota melakukan pendataan fasilitas pelayanan kesehatan yang akan menjadi tempat pelaksanaan pelayanan vaksinasi Covid-19. Pendataan dilakukan melalui upaya koordinasi dengan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan meliputi pendataan tenaga pelaksana," tulis Kemenkes dalam Juknis Vaksinasi, seperti dikutip Selasa (5/1/2021).

Dalam juknis itu kemenkes mengungkapkan mereka yang akan disuntik vaksin Covid-19 berusia 18 tahun ke atas. Mereka yang berusia di bawah 18 tahun akan divaksinasi apabila tersedia data keamanan vaksin yang memadai dan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Lanjut ke halaman berikutnya "4 Tahapan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia" >>>>

4 Tahap Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading