Era 5G di RI Makin Dekat, Sudah Sampai Mana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 December 2020 19:40
Infografis/ Bersiap koneksi Internet makin cepat! Ini 3 Operator Telko Pemenang Frekuensi 5G DI RI/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada 2021 menjadi tanda persiapan rencana deployment jaringan 5G di Indonesia. Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan sebagai awalan akan ada di beberapa tempat pariwisata, industri dan kota mandiri yang menggunakan jaringan 5G.

"Mengawali di beberapa spot pariwisata utama kawasan industri ataupun kota mandiri dari segi ekosistem dinilai telah siap dengan 5G," kata Johnny, Rabu (30/12/2020).

Namun dia enggan menyebutkan lokasi spesifik dari pengembangan 5G itu. Johnny hanya mengatakan jika pembangunan jaringan baru akan berdasarkan coverage area yang secara ekosistem dan kelayakan investasi siap di sana.


Selain itu Johnny menambahkan persiapan lainnya adalah mengatur spektrum frekuensi yang memadai. Dengan begitu operator seluler memiliki kemampuan dan viabilitas yang lebih matang.

"Sehingga bisa memulai deployment 5G coverage, wilayahnya tentu sangat tergantung dengan ekosistem yang bisa mendukung kelayakan investasi," jelasnya.

Pemilihan teknologi juga dianggap penting saat pengadaan 5G nanti. Salah satunya, Johnny mengatakan adalah kecepatan data pada 5G adalah hal penting jadi pemilihan teknologi menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan.

Persiapan 5G ini juga terlihat karena program Analog Switch Off akan dilaksanakan pada 2 November 2022. Program digitalisasi penyiaran tersebut menghemat 112 MHz yang bagian dari spektrum 700 Mhz.

Menurut Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail, band tersebut akan melayani masyarakat dengan jangkauan lebih luas dibandingkan band frekuensi di atasnya.

"Analog Switch Off membuka ruang percepatan 5G di Indonesia dan dapat meningkatkan kualitas layanan broadband mobile atau seluler di tanah air," jelas Ismail.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading