Cara Ryan Kaji YouTuber Berusia 9 Tahun Hasilkan Rp 2,8 T

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 December 2020 19:49
Ryan Kaji Ryan’s World (instagram @ryansworld)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Ryan Kaji tiba-tiba mencuat. Sebab Forbes menempatkannya menjadi Youtuber dengan pendapatan tertinggi di tahun 2020 dengan US$29,5 juta.

Bahkan bocah berusia 9 tahun ini dikabarkan memperoleh US$200 juta atau setara Rp 2,8 trliun (asumsi Rp 14.000/US$) dari bsinis mainan dan pakaian bermerek Ryan's World, termasuk piyama kerja sama dengan Marks & Spencer.

Kanal YouTubenya Ryan'S World saat ini memiliki 27,7 juta subscriber dengan 1800 video yang sudah diupload. Konten videonya pun beragam sesuai dengan usia bocah laki-laki kelahiran Texas, Amerika Serikat itu.


Mulai dari membuat sendiri playdough, eksperimen sains serta bermain dengan saudara kembarnya. Ruang gerak Ryan Kaji sebenarnya cukup terbatas. Sebab FTC Amerika memiliki peraturan melarang adanya iklan bertarget untuk konten anak-anak.

Ryan Toys Review/YouTube/RyanToysreview/Kisah Bocah Terkaya di Dunia Hasilkan Uang Rp 314 M dari YoutubeFoto: Ryan Toys Review/YouTube/RyanToysreview.

"Ini luar biasa karena terjadi saat Covid melanda dan resesi iklan, yang mempengaruhi semua orang termasuk kanal anak-anak,," kata CEO Pocket, Chris Williams, dikutip Forbes, Rabu (23/12/2020).

Pocket diketahui studio digital bekerja dengan kreator seperti Ryan Kaji. Perusahaan itu juga mengembangkan konten dan merchandise.

Penjualan merchandise inilah yang jadi kunci kekayaan Kaji. Selain itu juga dia mulai muncul di Televisi, yakni Ryan'S Mystery Playdate yang sudah masuk ke musim ketiganya di Nickeledeon.

Selain itu Kaji juga baru saja memiliki konten streaming yakni Ryan and Friends diluncurkan September lalu. Super Spy Ryan telah hadir di Amazon Kids.

Walaupun sudah memiliki banyak uang, Ryan ternyata bocah normal. Dia masih mendapatkan screentime (batas waktu) untuk menonton termasuk Youtube.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading