Alamak! Pesawat Tempur Kiamat Rusia 'Doomsday' Dibobol Maling

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 December 2020 13:09
pesawat tempur Rusia, Doomsday Plane. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Pesawat Tempur Rusia yang dijuluki Doomsday Plane atau pesawat kiamat diketahui telah dibobol. Pintu kargo Ilyushin-80 ditemukan dalam keadaan terbuka dan dilaporkan 39 peralatan radio hilang.

Polisi Rusia saat ini sedang menyelidiki dan para tersangka juga belum teridentifikasi. Keamanan di lokasi kejadian Komplek Beriev Taganrog Aviation Scientific and Technical juga telah ditingkatkan.

Ilyushin-80 dirancang untuk membawa pejabat negara termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin bila ada serangan nuklir. Sekretaris Pers Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov menyatakan kejadian ini sebagai situasi darurat.


"Tentu akan ada investigasi dan tindakan diambil jadi tidak akan terjadi lagi," ungkap dia, dikutip CNN International, Jumat (11/12/2020).

pesawat tempur Rusia, Doomsday Plane. IstFoto: pesawat tempur Rusia, Doomsday Plane. Ist

Namun Dmitry Peskov tidak menyebut secara spesifik siapa pihak yang bertanggung jawab atas keamanan pesawat itu.

Laporan kantor berita Rusia, TASS, sebelum dicuri, pesawat telah menjalani perawatan rutin pada batang roda. Semua peralatan juga telah terpasang saat itu.

Sebagai informasi, Pesawat ini bisa lepas landas dari lapangan udara sipil maupun militer. Kendaraan tersebut memiliki mesin yang kuat, fasilitas komunikasi modern serta sistem pendukung kehidupan jadi tetap bisa mengudara selama beberapa hari.

Secara keseluruhan, Pesawat kiamat ini tidak memiliki kaca dan hanya ada untuk bagian kokpit. Ini membuat penumpang tidak akan mengalami kebutaan oleh ledakan nuklir.

Di bagian ekornya, terdapat antena kabel outlet yang bertugas untuk menyambungkan komunikasi dengan kapal selam.

TASS juga melaporkan jika pesawat siap untuk diupdate. Sumber di industri menyatakan versi terbaru akan berdasarkan pada quadjet II-96-400M, jarak jauh serta body yang lebih lebar.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading