Gugatan Trump Ceraikan WhatsApp dari Facebook Bisa Gugur?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 December 2020 12:02
FILE PHOTO: Facebook CEO Mark Zuckerberg, appears on stage during a town hall at Facebook's headquarters in Menlo Park, California, U.S., September 27, 2015.   REUTERS/Stephen Lam/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Gugatan Amerika Serikat pada Facebook yang berdampak pada penjualan WhatsApp dan Instagram kemungkinan menemukan jalan buntu. Sebab ternyata pembangunan monopoli perusahaan ternyata didukung oleh lembaga perdagangan Amerika Serikat, FTC.

Dikabarkan jika FTC telah meninjau dua kesepakatan akuisisi Instagram pada 2012 dan 2014 saat membeli WhatsApp dan Instagram namun lembaga itu tidak melakukan tindakan pencegahan. Menurut sebuah sumber, fakta ini akan menjadi bagian dari pembelaan Facebook, dikutip Reuters, Jumat (11/12/2020).

Banyak bukti termasuk email perusahaan jika FTC mengetahui pembelian Instagram dan WhatsApp.


"Mereka salah tidak menentangnya pada awalnya. Sekarang mereka bisa mengatakan 'Kami telah melihat apa yang terjadi dan berkesimpulan jika itu mengurangi persaingan'," kata Direktur Institute for Consumer Antitrust Studies di Loyola University Chicago, Spencer Waller.

FTC nampaknya mengetahui situasi saat ini. Walaupun akuisisi oleh Facebook melanggar peraturan di Amerika, lembaga itu hanya menggugat perusahaan dalam aturan terpisah mengenai larangan skema yang memungkinkan adanya pemegang kendali.

Menurut Pengacara Antimonopoli di Cadwalader, Wickersham & Taft, Joel Mitnick menyatakan jika FTC tidak ingin otoritas berfokus pada kegagalan mereka saat akuisisi.

"FTC harus menyatakan di pengadilan 'Kami tidak mengerti waktu itu jika merger bisa membuat perusahaan bertambah besar dan konsumen tidak pergi ke situs lain'," ungkap Mitnick.

Hingga saat ini, FTC menolak mengomentari soal masalah merger Facebook tersebut.

Selain FTC, 48 negara bagian di AS juga ikut menuding Facebook melakukan praktik monopoli dan anti persaingan setelah mengakuisisi Instagram dan WhatsApp. Facebook dituding mengakuisisi pesaing sebelum menjadi ancaman nyata bagi perusahaan.

Dampak dari kebijakan, menurut tuntutan tersebut, konsumen tidak memiliki pilihan yang memadai untuk menggunakan media sosial.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading