Ini Bukti Samsung Ikut iPhone, Jual Galaxy S21 tanpa Charger?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 December 2020 19:20
samsung

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah banyak rumor Samsung mengikuti langkah Apple iPhone 12, terdapat bukti jika Galaxy S21 akan hadir tanpa charger dan earphone. Bukti itu berasal dari National Telecommunications Agency Brazil.

Dalam sertifikasi itu terlihat jika tiga ponsel dari line up Galaxy S terbaru tidak akan hadir tanpa dua item tersebut.

Salah satu bagian dokumen yang diterjemahkan adalah ponsel tidak akan dijual dengan dukungan daya, dikutip Gizmochina, Selasa (8/12/2020). Ditambahkan jika dua pengisi daya Samsung dengan nomor nomor model EP-TA800 dan EP-TA800B sudah diujicoba pada produk.


Hal yang sama juga terjadi dengan earphone. Ponsel-ponsel anyar S21 itu tidak memasukkan item tersebut namun tiga earphone memiliki nomor GH59-15106A, GH59-15107A, dan GH59-15403A disiapkan untuk ujicoba.

Galaxy S21Foto: Sertifikat Samsung Galaxy S21 dari National Telecommunications Agency Brazil (doc Gizmochina).

Namun nampaknya pengguna Brazil bisa sedikit bernapas lega, sebab otoritas setempat memaksa Apple memasukan power adapter dan earphone pada boks iPhone terbarunya. Sebelumnya earpod juga tersedia untuk produk di Perancis.

Langkah Apple menghilangkan earphone dan power adapter dari boks diumumkan saat peluncuran seri iPhone 12 Oktober lalu. Perusahaan menyebutkan langkah ini untuk dalam rangka mengurangi biaya dan limbah.

Raksasa teknologi dunia itu menyebutkan jika earphone dan power adapter sudah tersedia sangat banyak di dunia yakni masing-masing 700 juta dan dua miliar charger. Saat ini Apple hanya menyediakan kabel Lightning to USB-C dalam boks iPhone.

Hasil keputusan itu mendatangkan kritik dari sejumlah pihak. Samsung juga sempat mengejek hilangnya dua item itu dalam unggahan yang kini telah dihapus di akun Facebook resminya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading