Duh! Vendor China Ini Masukkan Virus Jahat ke 20 Juta HP

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 December 2020 19:25
INFOGRAFIS, Daftar 24 Aplikasi Berbahaya

Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan Dokumen Kehakiman China merilis ada dugaan pengontrolan ilegal pada ponsel Gionee. Jumlahnya mencapai 20 juta. Parahnya, Gionee diduga menjadi dalang penanaman virus jahat Trojan Horse pada puluhan juta ponselnya itu.

Pengadilan memutuskan anak usaha Gionee, Shenzhen Zhipu Technology Co. bekerja sama dengan Beiking Baice Technology Co., Ltd untuk melakukan kejahatannya, dikutip laman Gizmochina, Senin (7/12/2020).

Peristiwa ini dilakukan dari Desember 2018 hingga Oktober 2019. Penyaluran Trojan Horse melalui aplikasi Story Lock Screen dan bertujuan untuk mendapatkan uang dari iklan yang tidak diminta serta cara tidak sah lainnya.


Pada Desember 2018 dilakukan pembaruan plug in Dark Horse Platform pada aplikasi seperti Story Lock Screen. Aplikasi dan versi SDK nya diugrade, serta Dark Horse Platform akan memperbarui Living Trojan Horse tanpa sepengetahuan pengguna untuk meningkatkan efisien tugas Pull.

Pengadilan mengungkapkan dua perusahaan berhasil melakukan 2,88 miliar kali aktivitas Pull. Jumlah ini bertambah menjadi 21,75 juta pada April 2019 dan sekitar 26,5 jutaan di Bulan Oktober 2019.

Diperkirakan kedua perusahaan mendapatkan RMB 27,85 juta atau Rp 60, 4 miliar dengan perkiraan biaya 8,43 juta yuan (Rp18,2 miliar).

Pengadilan akhirnya memutuskan bersalah pada Shenzhen Zhipu Technology Co., Ltd. Perusahaan itu didakwa melakukan kejahatan dengan melakukan kontrol pada sistem informasi.

Ada juga sejumlah terdakwa yang juga diutus bersalah dengan hukuman antara tiga hingga tiga setengah tahun. Mereka juga dikenakan biaya 200 ribu atau Rp434,1 jutaan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading