Spotify Vs YouTube, Siapa Raja Streaming Musik Sejati?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 December 2020 10:48
A man with headphones looks at his mobile phine at the IFA consumer electronics fair in Berlin, Germany, September 4, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika ditanya soal platform streaming musik mana yang paling populer, mungkin salah satu jawabannya adalah Spotify. Namun ternyata Youtube bisa mengalahkan layanan itu dengan mudah.

Youtube, layanan streaming video memiliki dua miliar pengguna aktif bisa mengalahkan kompetitor nya dengan mudah. Belum lagi adanya Youtube Music, layanan streaming music yang memiliki kenaikan jumlah pengguna cukup signifikan selama satu tahun terakhir.

Berikut alasan Youtube bisa mengalahkan Spotify, dirangkum dari Android Authority, Senin (7/12/2020).


Jumlah Pengguna Bulanan

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Youtube memiliki dua miliar pengguna aktif bulanan. Sementara Spotify berada jauh di bawah dengan 320 pengguna bulanan dengan 144 juta diantaranya merupakan pelanggan berbayar.

Angka itu memang terus naik sejak diluncurkan sejak 2008 lalu. Misalnya tahun 2012, pengguna aktif sebanyak 15 juta dengan 4 juta merupakan pelanggan berbayar dan jumlah ini membesar menjadi 20 juta serta lima user premium pada Desember 2012.

Jumlah Pengguna Harian

Youtube tetap tak terkalahkan karena ada 30 juta pengguna aktif harian dan menonton satu miliar video perhariannya. Jika dibedah trafik internet nya mencapai 37% dan 40 menit menonton lewat mobile.

Aplikasi Youtube juga otomatis tersedia di sebagian besar ponsel Android yang dijual di dunia. Pengapalan ponsel 2020 ditargetkan mencapai 1.055 miliar. Keuntungan ini tak didapatkan Spotify yang hanya ada di sedikit ponsel saja.

Youtube Music

Youtube bukan hanya sebagai platform video streaming. Namun juga memiliki layanan music streaming bernama Youtube Music. Youtube Music sudah ada sejak November 2015 dan awal tahun ini didedikasikan sebagai pengganti Play Music, layanan musik dari Google.

Platform ini sama seperti Spotify yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Hingga sekarang, Youtube Music sudah bisa digunakan di 95 negara salah satunya Indonesia.

Jumlah pengguna berbayar nya mencapai 30 juta. Naiknya cukup signifikan dari 20 juta di tahun lalu yang berarti transisi Google Play Music ke Youtube Music cukup cepat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading