Deadline Hari Ini, Trump Jatuhkan Sanksi Blokir ke TikTok?

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
05 December 2020 12:59
FILE - This Feb. 25, 2020, photo shows the icon for TikTok taken in New York. India is banning 59 apps with Chinese links, saying their activities endanger the country’s sovereignty, defense and security. India’s decision comes as its troops are in a tense standoff with Chinese soldiers in eastern Ladakh in the Himalayas that started last month. India lost 20 soldiers in a June 15 clash. The government says the banned apps include TikTok, UC Browser, WeChat and Bigo Live, as well as the e-commerce platforms Club Factory and Shein, that are used in mobile and non-mobile devices connected to the Internet.(AP Photo, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Amerika Serikat (AS) belum juga menemukan kesepakatan dengan ByteDance. Kesepakatan ini terkait dengan penyerahan aset TikTok Amerika ke AS.

Padahal, menurut sumber yang mengetahui masalah ini, tenggat waktu negosiasi antara induk perusahaan TikTok yakni ByteDance dengan pemerintahan AS semakin dekat. Tanggal 4 Desember 2020 waktu AS.

Lalu, apakah Presiden Trump akan segera memblokir TikTok?


Dilansir dari AFP pada Sabtu (5/12/2020), pembicaraan antara TikTok dan negosiator pemerintah akan terus berlanjut bahkan setelah tenggat waktu berlalu.

Selain itu, meski belum ada kesepakatan, sumber tersebut mengatakan, masyarakat AS dipastikan masih bisa menggunakan aplikasi populer ini untuk membagikan video singkatnya.

Sementara itu, pihak TikTok dan Departemen Keuangan AS, yang mengawasi komite investasi asing, menolak untuk berkomentar terkait dengan hasil negosiasi ini.

Seperti diketahui, AS telah membatalkan pemberlakuan larangan TikTok di negaranya sesuai dengan perintah pengadilan yang mendukung sensasi media sosial milik China populer tersebut.

Hal ini sejalan dengan pembelaan TikTok yang membantah melakukan transfer data ke China. Tiktok mengatakan server tempat informasi pengguna disimpan berada di Amerika Serikat dan Singapura.

Oleh karenanya, seorang hakim federal AS pada akhir Oktober mengeluarkan perintah pemblokiran sementara perintah Presiden Trump yang melarang TikTok di AS.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading