Internasional

WHO: Vaksin Corona Tak Akan Hentikan Pandemi

Tech - sef, CNBC Indonesia
17 November 2020 06:30
Tedros Adhanom. AP/Christophe Ena

Jakarta CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengatakan bahwa vaksin tidak akan cukup menghentikan pandemi virus corona (Covid-19). Vaksin Covid-19 hanya menjadi salah satu alat untuk mengendalikan penyebaran virus.

Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari AFP, Selasa (17/11/2020). Ia berujar vaksin-pun tak akan mengakhiri pandemi.




"Vaksin [Covid-19] hanya akan melengkapi alat lain, yang kita miliki, bukan menggantikannya," tegasnya. "Vaksin sendiri tidak akan mengakhiri pandemi."

Pernyataan Ghebreyesus muncul saat sejumlah perusahaan farmasi menyebut efektivitas vaksin mereka yang mencapai 90%. Moderna Inc misalnya baru saja mengumumkan vaksinnya efektif 94% mencegah Covid-19 kemarin menyusul pengumuman serupa dari perusahaan Pfizer dan BioNTech.



Apalagi, lanjutnya, vaksin di awal hanya akan dibatasi ke sejumlah kelompok tertentu saja. Vaksin akan diberikan ke petugas kesehatan, orang tua dan populasi berisiko lain untuk mengurangi kematian dan memungkinkan sistem kesehatan untuk mengatasinya.

"Itu masih akan meninggalkan virus dengan banyak ruang untuk bergerak. Pengawasan perlu dilanjutkan, orang-orang masih perlu diuji, diisolasi dan dirawat, kontak masih perlu dilacak ... dan individu akan tetap perlu dirawat," jelasnya.

Saat ini jumlah kasus terinfeksi Covid-19 secara total di dunia sudah mencapai 54 juta kasus di mana 1,3 juta nyawa meninggal.

Berlanjut ke HAL 2>>



Belum Bisa Hidup Normal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading