WhatsApp Perkenalkan Fitur Canggih, Ponsel Anda Anti Lemot

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
07 November 2020 17:10
Infografis/fitur-fitur whatsapp yang akan segera hadir/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan ini WhatsApp resmi mengumumkan fitur hapus pesan otomatis dan kehadiran fitur ini diharapkan bisa membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik dan tidak lemot.

Fitur ini nantinya akan hadir di Android, Apple iOS, KaiOS dan desktop. WhatsApp mengungkapkan fitur ini akan meluncur bulan ini. 

WhatsApp menamai opsi terbaru ini sebagai fitur pesan sementara. Saat fitur pesan sementara dinyalakan, pesan baru yang dikirim ke chat akan hilang setelah 7 hari. Hal ini membantu menjadikan percakapan terasa lebih ringan dan privat.


Fitur pesan sementara ini selain berfungsi untuk menjaga kerahasian obrolan, juga bisa untuk membuat ruang penyimpanan ponsel lebih lega sehingga ponsel nnti lemot.

"Dalam chat individual, masing-masing pihak dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara. Dalam chat grup, hanya admin yang memegang kendali untuk menyalakan dan mematikan fitur pesan sementara," ujar WhatsApp dalam keterangan resmi, Kamis (5/11/2020).

WhatsApp menjelaskan bila fitur ini diaktifkan pesan akan terhapus secara otomatis meski chat tersebut belum dibaca. Namun pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

"Ketika Anda membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang Anda balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari," ungkap WhatsApp.

WhatsApp menerangkan jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

"Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan," ungkap WhatsApp.

Begini Cara Mengaktifkannya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading