Whatsapp Hapus Pesan Otomatis Segera Rilis, Ini Buktinya!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 November 2020 07:32
Infografis: Mode Liburan Hingga 'Always Mute' Ini 5 Fitur WhatsApp Baru!

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak lama lagi Facebook akan hadirkan fitur hapus pesan otomatis di WhatsApp di update terbarunya. Buktinya, WhatsApp sudah menjelaskan fitur ini akan hadir di Android, Apple iOS dan KaiOS dan desktop.

Dalam penjelasannya melalui WhatsApp FAQ atau pusat bantuan, fitur ini disebut sebagai fitur pesan sementara. Fitur ini akan tersedia bagi chat individual dan grup chat. Dalam grup chat yang bisa mengaktifkan fitur hapus pesan otomatis adalah admin grup.

Setelah fitur hapus pesan otomatis diaktifkan maka chat akan hilang secara otomatis setelah 7 hari sejak chat pertama kali dikirimkan. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.


"Jika pesan yang balas adalah pesan sementara (hapus pesan otomatis), pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari," ungkap Whatsapp seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (2/11/2020).

WhatsappFoto: Penampakan fitur WhatsApp hapus pesan otomatis (doc. WABetaInfo)

Patut dicatat fitur ini tidak akan bekerja jika pesan diteruskan ke chat atau grup chat yang tidak mengaktifkan atau menonaktifkan fitur hapus pesan otomatis. Hapus secara otomatis juga akan berlaku bagi foto, gambar, video atau meme ketika fitur ini diaktifkan.

WhatsApp menyarankan menggunakan ini fitur ini kepada orang yang mungkin akan meneruskan atau mengambil tangkapan layar pesan sementara dan menyimpannya sebelum pesan tersebut hilang, orang yang akan menyalin dan menyimpan isi pesan sementara sebelum pesan tersebut hilang, dan orang yang akan mengambil foto pesan sementara dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut hilang.


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading