Menkes Terawan: Perjuangan Melawan Covid-19 Masih Panjang

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
30 October 2020 18:34
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (Tangkapan Layar Youtube KEMENDIKBUD RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan perjalanan Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19 masih cukup panjang. Untuk itu diperlukan segenap kekuatan dari tenaga kesehatan dan rumah sakit dalam melayani serta menyembuhkan pasien.

"Saya berterima kasih dan bersyukur melihat apa yang sudah dikerjakan teman-teman semua, baik secara individu maupun pelayanan di rumah sakit. Begitu luar biasa dengan perjuangan kebersamaan inilah yang saya yakin akan diberkahi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Terawan pada Seminar Nasional XII PERSI dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety, Jumat (30/10/2020).

Terawan mengatakan akan terus mendampingi semua tenaga kesehatan. Dia juga mengharapkan semangat dan perjuangan tenaga medis tidak pernah padam untuk menyembuhkan pasien dari penyakitnya.


"Saya selaku menteri kesehatan akan terus mendampingi, dan terus menyertai, dan akan terus membantu bila ada sesuatu yang diperlukan," kata dia.

Terawan mengatakan ada tiga arahan utama presiden dalam penanganan Covid-19, yakni penurunan kasus baru, peningkatan angka kesembuhan, serta penurunan angka kematian.

Saat ini Kemenkes dan Pemerintah daerah telah menunjuk Rumah Sakit untuk melayani Covid-19, namun dengan meningkatnya kasus maka perawatan juga diberikan pada RS pemerintah dan RS swasta lainnya.

"Kemenkes terus melakukan koordinasi dengan Pemda untuk kesiapsiagaan dalam menyiapkan kapasitas ruang isolasi untuk pasien Covid-19," ujar Terawan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading