iPhone 12 Senjata Apple Kuasai Pasar China & Gusur Huawei?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 October 2020 10:47
iPhone 12 & iPhone 12 mini (Official iPhone)

Jakarta, CNBC Indonesia - Teknologi 5G yang disematkan pada iPhone 12 Series diprediksi sebagai cara Apple untuk bisa menggarap pasar smartphone China. Mampukah menggusur Huawei?

China merupakan pasar smartphone 5G terbesar di dunia. Ini karena pemerintahan Xi Jinping mendorong percepatan pembangunan infrastruktur jaringan internet generasi selanjutnya ini di Tiongkok.

"Bila kita lihat pada kuartal II tahun ini, hampir separuh pengiriman smartphone di China memiliki koneksi 5G," ujar Will Wong, research manager IDC, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (15/10/2020).


"Dari 5 vendor smartphone terdepan di China, hanya Apple yang tidak memiliki ponsel 5G. upgrade ponsel 5G akan menjadi sangat penting bagi Apple untuk menarik perhatian pengguna di pasar China."

Menurut data Counterpoint Research, pada kuartal I-2020, penjualan ponsel 5G di China meningkat 120% dibanding periode yang sama tahun lalu, dan memiliki pangsa pasar 15% dari total penjualan smartphone di China. Huawei disebutkan menguasai 60% pasar ponsel.

Lantas iPhone baru mana yang populer? Will Wong mengungkapkan ponsel berlayar lebar sangat populer di China. Konsumen China kemungkinan menyukai iPhone 12 dan iPhone 12 Pro yang memiliki layar 6,1 inci.

Sementara iPhone 12 Pro Max yang memiliki layar 6,7 inci, kemungkinan dianggap terlalu mahal oleh konsumen China.

"Saya percaya dari segi ukuran dan harga iPhone 12 dan iPhone 12 Prp akan menarik konsumen China. iPhone 12 Pro Max menarik bagi konsumen karena layarnya terbesar dari semua produk Apple, tetapi harganya kemungkinan terlalu mahal," ungkap Will Wong.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading