310 Ribu Peserta Prakerja Gugur, Rp 1,1 T Balik ke Kas Negara

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
14 October 2020 15:25
Kartu Prakerja

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengumumkan, ada 310.212 peserta program kartu prakerja yang dicabut kepesertaannya.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari menjelaskan, 310.212 peserta yang dicabut kepesertaannya itu merupakan peserta yang berasal dari gelombang 1 sampai gelombang 7.

Kendati demikian, Denni belum bisa memastikan status kepesertaannya yang dicabut ini, apakah akan dialihkan atau tidak pada gelombang berikutnya atau gelombang 11.


"Yang dicabut sejauh ini 310 ribu orang. Kami dari pelaksana menunggu arahan dari Komite, berapa banyak dari 310 ribu ini yang akan dipulihkan dan menjadi peserta Kartu Prakerja di gelombang 11. Jadi kami masih menunggu keputusan," jelas Denni dalam video conference, Rabu (14/10/2020).

Secara persentase 310.212 orang yang dicabut kepesertaannya tersebut merupakan bagian dari 5,54% dari total peserta penerima kartu prakerja secara keseluruhan yang sebesar 5.597.179 peserta.

Mengingat setiap peserta program kartu prakerja mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta, dengan demikian artinya ada kurang lebih Rp 1,1 triliun dana yang harus kembali ke rekening kas umum negara (RKUN), yang berasal dari anggaran peserta yang dicabut kepesertaannya.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin mengatakan, anggaran yang berasal dari status kepesertaannya dicabut tersebut sudah dikembalikan ke kas negara.

Menurut Rudy, Komite sampai saat ini juga belum mendapatkan arahan khusus mengenai pendaftaran prakerja gelombang 11. Yang jelas pihaknya siap apabila memang akan ada pembukaan pendaftaran gelombang 11.

"Yang dicabut kepesertaannya sudah dikembalikan ke Kementerian Keuangan dan Komite Cipta Kerja menunggu, apakah uang tersebut akan dikembalikan untuk gelombang berikutnya."

"Intinya, kita terbuka apabila Gelombang 11 harus dibuka, jika sebelum akhir Oktober harus diselenggarakan," jelas Rudy.

Untuk diketahui, pemerintah belum berencana untuk membuka pendaftaran gelombang 11 di tahun ini. Pasalnya kuota untuk anggaran tahun ini telah dipenuhi pada gelombang 1-10 atau yang mencapai 5.598.179 peserta.

Setiap penerima Kartu Prakerja mendapatkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2,4 juta. Insentif tersebut dibayarkan secara bertahap dalam waktu 4 bulan dengan besaran Rp 600 ribu setiap bulannya, serta insentif pasca-survei maksimal sebesar Rp150 ribu untuk 3 survei evaluasi.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading