GoToko Jadi Solusi Cepat Bagi Pemilik Toko Kelontong

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
02 October 2020 13:28
GoToko Jadi Solusi Cepat Bagi Pemilik Toko Kelontong

Jakarta, CNBC Indonesia - Super app terdepan di Asia Tenggara,Gojek, kembali melanjutkan inisiatif #MelajuBersamaGojek dalam upaya mendukung UMKM dengan meluncurkan aplikasi GoToko. Aplikasi GoToko menyediakan layanan lengkap yang memudahkanpemilik warung dan toko kelontong untuk membeli barang-barang stok secara online.

Manfaat yang bisa didapatkan pemilik warung dengan berbelanja online yakni penghematan biaya hingga waktu. Selain mudah dalam mencari dan memesan berbagai macam produk konsumsi kemasan dari sejumlah merek ternama, harga produk di GoToko juga kompetitif dan transparan. Pengiriman barang pesanan pun hanya membutuhkan waktu 1 x 24 jam.

Salah satu pemilik usaha toko kelontong yang telah merasakan manfaat aplikasi GoToko yakni Faridatul, pemilik Toko Fifi, di Tangerang Selatan. Awalnya, Faridatul merasa ragu mencoba platform digital khusus bagi pemilik warung kelontong tersebut, karena pernah tertipu penjual grosir di salah satu e-commerce. Akibatnya, ia sempat enggan berbelanja stok barang secara online lagi.


Sebelumnya, saat mengandalkan berbelanja grosir di toko offline, Faridatul harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari-cari agen yang bisa menawarkan harga paling bersaing. Ketika ia mencoba berbelanja grosir melalui platform e-commerce, barang yang ia cari seringkali kosong.

Kini, kehadiran GoToko menjadi alternatif utama bagi Faridatul untuk mencari stok barang dengan pengiriman yang cepat serta terpercaya. Dengan delapan tahun pengalamannya dalam mengelola toko kelontong, ia pun merasa sangat terbantu dengan kehadiran GoToko.

"Aplikasi seperti GoToko ini cukup membantu saya, karena sekarang tidak perlu repot-repot lagi kalau mau nyetok barang. Barang yang saya pesan hari ini, langsung saya terima keesokan hari. Harga barang cukup bersaing, udah gitu saya bisa dapatkan promo menarik. Kayak kemarin tuh, saya dapat diskon sebesar Rp100.000 waktu dua kali mesen barang pakai GoToko. Lumayan kan untuk menghemat pengeluaran." kata Faridatul.

Selain Faridatul, pemilik toko Kelontong Madura Yanto, Yanto juga merasa terbantu dengan kehadiran GoToko. Bahkan dalam satu bulan pertama GoToko hadir, Yanto sudah menggunakan GoToko empat kali karena tidak perlu repot lagi untuk stok barang. "Saat ini saya sudah merasa nyaman menggunakan GoToko, apalagi dibantu Kawan Toko untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi. Saya sudah bolak balik pesan, karena enak. Saya tidak perlu repot keluar rumah, cukup menunggu barang datang sambil jaga toko. Harga yang ditawarkan juga stabil dan pengirimannya cepat," kata Yanto.

Tak hanya memudahkan dalam proses pemesanan barang, GoToko setidaknya mendorong pengusaha warung untuk lebih produktif melalui fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi. Misalnya, pemilik warung bisa memantau riwayat pesanan, melacak status pengiriman barang, dan mengelola stok barang. GoToko juga menyediakan data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk dari berbagai merek yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Peluncuran GoToko memperkuat misi Gojek untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi para pelaku UMKM yang juga sejalan dengan inisiatif #MelajuBersamaGojek; dan di saat yang sama menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi lebih banyak pemangku kepentingan.

"Sebagai penggerak perekonomian, 3 juta warung kelontong telah mengkontribusikan hampir 80% dari pasar ritel Indonesia. Namun lebih dari 80% atau sekitar 2,5 juta dari warung tersebut masih masuk dalam kategori underserved atau kurang terlayani. Agar dapat berkembang, para pelaku UMKM ini perlu mendapat dukungan layanan yang memadai, meskipun lokasi warung sulit dijangkau dan cakupan usaha kecil," ungkap CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Singh Dhillon.

Saat ini GoToko didukung oleh sistem pembayaran Cash On Delivery (COD), sehingga para pelaku usaha warung akan dapat mengoptimalkan biaya operasional karena kini dapat menghemat biaya, waktu, dan kerumitan yang sebelumnya dihadapi saat berbelanja secara manual.

"Dukungan penuh ekosistem Gojek sebagai super app terdepan di Asia Tenggara dengan kemampuan teknologi untuk membangun sistem andal menjadi nilai tambah tersendiri bagi GoToko," ujar Head of Logistics Gojek Junaidi.

Untuk menggunakan aplikasi GoToko, pemilik warung dan toko kelontong hanya perlu mengunduh melalui Google Play Store menggunakan ponsel dengan spesifikasi minimum seperti Android 6.  Informasi terkini tentang GoToko dapat diperoleh di gotoko.co.id.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading