Gojek Fasilitasi Pinjaman Bunga 0 Persen Untuk Mitra UMKM

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 September 2020 19:30
(kiri-kanan) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI - Airlangga Hartarto, Chief Public Policy & Government Relations Gojek - Shinto Nugroho, Mitra usaha Gojek-Azizah Haerasari,  dalam acara Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Mitra Platform Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan  diadakan di Jakarta, Rabu (23/9).

Jakarta, CNBC Indonesia - Gojek mendukung UMKM akses program KUR Suku Bunga 0 persen, inisiatif dari Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) yang disalurkan oleh Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Selanjutnya, mitra usaha Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari bank berkesempatan mendapatkan fasilitas pinjaman hingga Rp 10 juta.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan pihaknya senantiasa berkomitmen menjadi mitra andalan Pemerintah guna dukung berbagai upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah masa pandemi. Dukungan ini semakin menegaskan upaya gotong royong melalui kemitraan strategis, bagian dari inisiatif dukung UMKM #MelajuBersamaGojek.

Proses pengajuan pinjaman KUR akan ditindaklanjuti dengan analisa serta persetujuan akhir dari pihak Bank Himbara. Gojek mendukung proses seleksi awal melalui pre-screening calon debitur dari mitra usaha Gojek menggunakan beberapa kriteria dasar, kemudian calon debitur yang lolos tahap ini akan diajukan ke bank untuk proses penilaian dan analisa kredit sesuai prosedur. Jika terpilih sebagai debitur, maka Bank akan melanjutkan proses penyaluran pinjaman langsung ke debitur yang bersangkutan.


"Kredit dengan suku bunga  0 persen ini merupakan sebuah dukungan luar biasa Pemerintah untuk UMKM dengan memberikan tambahan subsidi untuk para Penerima KUR dan calon Penerima KUR Super Mikro ini dan berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional.  Gojek akan menjangkau mitra usaha kami melalui kanal informasi resmi mitra usaha Gojek dan mendukung agar semakin banyak mitra UMKM yang dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga perputaran usaha", ungkap Andre (23/09/2020).

Andre juga menegaskan semangat gotong royong melandasi berbagai kemitraan dan kolaborasi Gojek, sejalan dengan inisiatif dukung UMKM #MelajuBersamaGojek, yang mencakup dukungan ekosistem teknologi dan non-teknologi yang komprehensif serta inklusif termasuk akses ke fasilitas permodalan.

Ini bukan pertama kalinya Gojek berkolaborasi dengan Pemerintah mendukung UMKM. Sebelumnya, Gojek juga telah menjadi mitra pilihan bank Himbara dan pemerintah melalui program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) serta telah memfasilitasi mitra driver dengan pinjaman Dana Bunga Ringan yang juga merupakan kolaborasi bersama Bank BRI.

"Menciptakan dampak sosial positif dengan memanfaatkan teknologi merupakan bagian dari DNA Gojek yang mendasari seluruh inovasi kami sejak awal kami berdiri. Melalui solusi komprehensif dan inklusif, Gojek mendukung usaha mikro dan kecil untuk bertumbuh di ekosistem kami dan mendukung ratusan ribu UMKM ini terus #MelajuBersamaGojek," lanjut Andre.

Keberhasilan Gojek mendukung UMKM  juga  tercermin di hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk "Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19".Riset menunjukan bahwa Gojek menjadi pilihan mitra UMKM untuk bertahan dan bertumbuh selama adaptasi dimana 92 persen dari UMKM mengatakan mereka mampu beradaptasi lebih cepat dalam pandemi karena Gojek, dan hampir 50 persen mengatakan mereka tidak akan dapat bertahan jika mereka bukan bagian dari ekosistem Gojek.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading