Bill Gates Usul WFH Lanjut Usai Pandemi Covid-19, Setuju?

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 September 2020 10:39
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi bekerja dari rumah atau work from home (WFH) akan jadi kebiasaan baru bahkan setelah pandemi virus corona Covid-19 berakhir. Bagi sebagai orang WFH adalah sistem yang baik dan ia berharap itu tetap dilanjutkan.

"Tapi begitu pandemi ini berakhir, kita akan memikirkan kembali berapa persentase waktu yang dihabiskan di kantor  20% 30%, 50%. Banyak perusahaan mengharapkan karyawan mereka menghabiskan waktu kerja di bawah 50 persen dan mungkin perusahaan-perusahaan lainnya akan berjalan seperti biasa," kata ujar Bill Gates, seperti dikutip dari Business Today, Jumat (25/9/2020).


Berbicara tentang pengalamannya sendiri, Bill Gates mengatakan saat ini adalah tahun yang membuka matanya karena dia punya waktu untuk melakukan hal lebih. Miliuner itu mengatakan dia tidak bepergian sepanjang tahun di tengah pembatasan pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Bill Gates percaya budaya WFH harus mendorong teknologi berkembang lebih jauh dari sekarang dan bisa bertahan lebih lama. Meski begitu, bekerja dari rumah juga memiliki tantangan tersendiri dan kekurangan.  

INFOGRAFIS, Prediksi Bill Gates Corona Akan BerakhirInfografis: Prediksi Bill Gates Corona Akan Berakhir/Edward Ricardo

Dia berharap dunia akan belajar dari Covid-19 dan bersiap untuk menghadapi pandemi di masa depan.  Sementara ini, banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dalam pertemuan itu, Bill Gates mengkiritik China karena gagal mengeluarkan data tentang virus Covid-19 pada awalnya, yang menyebabkan pemborosan waktu.

Dia mengatakan India melakukan beberapa hal luar biasa dalam hal menggunakan infrastruktur digital untuk mentransfer uang kepada orang miskin.

Mengenai keefektifan penguncian yang diinfus pandemi COVID-19 di India, Bill Gates mengatakan negara itu, karena populasinya yang besar dan geografi yang luas, akan selalu menghadapi masalah yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Eropa dan AS.

"Kami berharap saat kami terjatuh, keadaan tidak bertambah buruk, meskipun suhu dingin tidak baik untuk menahan virus. Saat ini beberapa hal besar sedang terjadi," katanya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading