Masih Soal Alien: Foto NASA Ini Ungkap 'Tupai' di Mars?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 September 2020 14:32
NASA's InSight Mars lander acquired this image of the area in front of the lander using its lander-mounted, Instrument Context Camera (ICC) with the ICC image field of view of 124 x 124 degrees, on Mars, November 26, 2018.    NASA/JPL-Caltech/Handout via REUTERS     ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.?     TPX IMAGES OF THE DAY Foto: NASA InSight Mars pendarat memperoleh citra daerah di depan pendarat menggunakan Lander-mounted, Instrument Context Camera (ICC) dengan bidang gambar ICC pandang 124 x 124 derajat, di Mars, 26 November 2018. NASA / JPL-Caltech / Handout melalui REUTERS

Jakarta, CNBC Indonesia - Foto NASA dari hasil penjelajahan Mars Curiosity menimbulkan kehebohan. Pasalnya, ditemukan sebuah objek tak dikenal menyerupai tupai. Foto ini didapatkan pada hari ke-52 misi tersebut.

Pemburu UFO dan ahli teori konspirasi, Scott C Waring, yakin foto itu menyembunyikan harta karun rahasia alien. Menurutnya, gambar tersebut adalah bukti nyata kehidupan di Mars.

"Saya rasa itu sebabnya saya sangat menyukai yang ini. Hewan pengerat yang lucu di Mars. Perhatikan warna yang lebih terang, kelopak mata atas dan bawah, daerah hidung dan pipinya, telinganya, bagian depan dan perutnya," ujarnya seperti dikutip dari Media Inggris Express, Rabu (16/9/2020).


"Tampak mirip dengan tupai yang tersamar di bebatuan dan pasir karena warnanya."

Seorang pemburu UFO mengklaim telah menemukan tupai di Mars (Gambar: NASA / GETTY)Foto: Seorang pemburu UFO mengklaim telah menemukan tupai di Mars (Gambar: NASA / GETTY)

Ini bukan pertama kalinya Scott Waring membuat klaim yang keterlaluan tentang NASA dan alien di tata surya kita. Sebelumnya ia membagikan foto-foto yang dia klaim sebagai alien humanoid di Mars dab hanya beberapa hari kemudian, pemburu UFO menerbitkan lebih banyak lagi foto NASA dari apa yang dia klaim sebagai "sosok alien".

"Ini mungkin merupakan pengumuman sejarah besar yang seharusnya dibuat NASA, namun, mereka memutuskan kehidupan di Mars adalah rahasia yang layak disimpan karena mereka tidak ingin China atau Rusia mengalahkan Amerika ke Mars," ungkapnya.

"Jadi mereka tutup mulut tentang hal itu dan dapat menggunakan waktu mereka ke Mars dengan cara ini."

Namun Para skeptis UFO mengabaikan foto-foto itu dan malah menganggapnya sebagai bukti pareidolia. Ini adalah efek terkenal yang menipu pikiran untuk melihat bentuk dan pola yang dapat dikenali di mana mereka tidak ada.

Pareidolia dapat menyebabkan seseorang melihat awan berbentuk binatang di langit atau bebatuan berbentuk tupai di Mars.

"Ini adalah bentuk apophenia, yang merupakan istilah yang lebih umum untuk kecenderungan manusia untuk mencari pola dalam informasi acak," ujar Larry seorang astronomer. "Semua orang mengalaminya dari waktu ke waktu. Melihat orang terkenal di bulan adalah contoh klasik dari astronomi."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading