Bill Gates Sebut Kunci Vaksin Covid-19 di India, Maksudnya?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 September 2020 16:41
Microsoft founder Bill Gates arrives for a meeting with European Commission President Jean-Claude Juncker at the EU Commission headquarters in Brussels January 22, 2015. REUTERS/Francois Lenoir

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi India akan memiliki peran kunci dalam pembuatan vaksin virus Corona Covid-19. Maklum negeri Bollywood ini memiliki salah satu perusahaan vaksin terbesar di dunia.

"India adalah produsen vaksin terkemuka, kita butuh kerja sama dengan India dalam pembuatan vaksin Covid-19," ujar Bill Gates, seperti dikutip dari Hindustan Times, Selasa (15/9/2020).

"Kami semua ingin membawa vaksin keluar dari India secepat, setelah kami tahu bahwa vaksin sangat efektif dan sangat aman".


Bill Gates juga berharap vaksin Covid-19 sudah bisa dibagikan dari India tahun depan.

"Sangat mungkin peluncuran vaksin Covid-19 akan berlangsung dalam volume yang cukup besar (di India) sekitar tahun depan," ujar Bill Gates. "Saya cukup optimis pada kuartal pertama tahun depan beberapa vaksin Covid-19 sudah mencapai tahap akhir."

India bakal memiliki peran penting dalam pembuatan vaksin Covid-19 karena India memiliki Serum Institute of India. Perusahaan ini milik keluarga Poonawalla, salah satu taipan terkemuka India.

Serum Institute of India memproduksi lebih dari 1,5 miliar dosis vaksin per tahun. Vaksin buatan perusahaan seperti polio, campak, dan influenza sudah digunakan di lebih dari 170 negara, terutama negara berkembang.

Serum Institute of India juga sudah membuat perjanjian dengan lima produsen vaksin internasional seperti AstraZeneca, Novavax, untuk membuat vaksin Covid-19.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading