Webinar CNBC Indonesia

IBM: Kunci Sistem Pembayaran, Customer Behavior!

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 September 2020 11:57
Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya (Tangkapan Layar Webinar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Industri perbankan saat ini berupaya maksimal untuk mengembangkan digitalisasi. Terutama dalam hal sistem pembayaran.

Menurut Tan Wijaya, Presiden Direktur IBM Indonesia kunci dari pengembangan dan digitalisasi sistem pembayaran adalah customer behavior atau perilaku konsumen.

"To be successful, analisis dari customer behavior kuncinya," kata Tan Wijaya.

Untuk mengembangkan digitalisasi di bidang sistem pembayaran ataupun pengembangan bank secara keseluruhan, harus mengerti dahulu perilaku konsumen dan keterbatasannya.

Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya (Tangkapan Layar Webinar)Foto: Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya (Tangkapan Layar Webinar)



"Teknologi perbankan diharapkan bisa masuk ke area transaksi yang lebih luas. Mulai dari farmers [petani], bisa mencari data informasi misalkan dan kemudian memonitor bibit tanaman sampai penjualan," terangnya.

"Untuk menciptakan open payment, open banking sistem pembayaran sangat penting adanya ekosistem yang kuat. Kita melihat bagaimana teknologi efisien dan efektif bisa terjadi untuk mendukung sistem perbankan."



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading