Tukar Uang Baru ke pintar.bi.go.id, Bukalapak Harganya Jutaan

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 August 2020 12:30
Uang Edisi Khusus Kemerdekaan RI ke 75 (Tangkapan Layar Website Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kamu minat untuk mendapatkan uang pecahan khusus Rp 75.000? Baiknya ke situs pintar.bi.go.id ketimbang beli di Bukalapak dan Shopee yang menjual dengan harga hingga jutaan.

Pintar.bi.go.id merupakan situs yang disiapkan oleh Bank Indonesia (BI) secara khusus untuk memesan uang pecahan khusus Rp 75.000. Di sini kamu tinggal mendaftarkan diri dan mengisi formulir. Kemudian hasil tersebut kamu bawa ke Bank atau kantor cabang BI.

Terkait penukaran uang ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama, yakni tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB hingga 30 September 2020. Adapun untuk lokasinya yakni di Kantor Pusat (KP) BI dan 45 Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten.



Tahap kedua dari tanggal 2 Oktober hingga selesai. Kemudian, untuk lokasinya yakni di BI (KP dan KPwDN) dan bank umum yang ditunjuk. Bank yang ditunjuk diantaranya adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga.

Uang pecahan khusus ini hanya dibuat sebanyak 75 juta lembar sehingga pemesanan maksimal satu lembar per kartu identitas. Nilai penukarannya satu lembar setara dengan Rp 75.000. Jadi kamu tidak perlu bayar hingga jutaan rupiah untuk mendapatkan uang khusus ini.

BukalapakFoto: Penjualan uang pecahan Rp 75.000 seharga Rp 50 juta di Bukalapak (doc Bukalapak)

Sebelumnya di Bukalapak ada pemilik akun yang menawarkan satu lembar uang pecahan Rp 75.000 seharga Rp 50 juta. Sementara di Shopee sebuah akun menjual dua lembar uang baru seharga masing-masing Rp 1,375 juta.

Syarat melakukan penukaran untuk memperoleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI adalah:

  1. Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR;
  2. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli;
  3. Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital;
  4. Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan; dan
  5. Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading