JP Morgan: Bitcoin Dicari Milenial, Emas Pilihan Orang Tua

Tech - Herdaru P, CNBC Indonesia
07 August 2020 16:56
Bitcoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Perbedaan umur ternyata menunjukkan kecenderungan berbeda dalam hal investasi. Menurut catatan tim analis finansial JP Morgan (bank terbesar di Amerika Serikat) Bitcoin cenderung dibanjiri oleh investor dari kalangan kaum milenial. Sedangkan, emas dibanjiri oleh kalangan investor yang lebih tua.

Keduanya [emas dan bitcoin] mengalami peningkatan harga di masa pandemi ini.

JP Morgan Chase & Co. mengungkapkan di masa pandemi ini investor umumnya tertarik pada aset alternatif. Di mana, investor yang lebih tua masih memilih emas sebagai investasi, sedangkan investor milenial cenderung memilih aset cryptocurrency seperti Bitcoin.

Peningkatan harga juga terjadi karena banyak yang berpendapat bahwa Cryptocurrency dapat menggantikan store of value. Seperti diketahui, nilai dolar terus menurun di tengah resesi global. Sedangkan logam mulia meningkat dan mencapai rekor tertingginya pada hari karena pelemahan dolar dan inflasi.

Berdasarkan Tim Riset Pintu yang dilansir CNBC Indonesia, Jumat (7/8/2020), sejak Mei, harga bitcoin relatif stagnan di kisaran US$ 9.000 - 9.500. Namun, harga Bitcoin melejit menembus US$ 12.000 di awal Agustus untuk pertama kalinya sejak 2019.


Tidak hanya Bitcoin, harga cryptocurrency lainnya juga ikut melonjak minggu ini. Ethereum mencapai lebih dari US$ 400. Ini merupakan harga tertingginya dalam lebih dari setahun. Lonjakan harga dapat menyebabkan permintaan terhadap cryptocurrency juga semakin meningkat. Sementara harga emas saat ini minggu ini berada pada kisaran 2000 dolar AS per ons.

"Kedua aset investasi ini merupakan aset yang diburu oleh semua kalangan investor karena performanya lebih baik dibandingkan aset lain di masa pandemi ini . Instrumen investasi seperti emas dan Bitcoin dipilih karena nilainya tidak terpengaruh oleh keadaan ekonomi yang terjadi pada resesi global", papar Jeth Soetoyo, CEO Pintu dalam Riset Tersebut.

Menurut Jeth, minat investor terhadap Bitcoin di masa pandemi juga terus meningkat, tidak hanya investor milenial, investor yang lebih tua pun juga mulai melirik cryptocurrency terutama Bitcoin karena harganya yang sudah melonjak 2x lipat dalam 5 bulan terakhir.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading