Kapan Corona Berakhir? Ini Prediksi Pamungkas Bill Gates

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 August 2020 16:39
Philanthropist and Co-Chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation Bill Gates gestures as he speaks to the audience during the Global Fund to Fight AIDS event at the Lyon's congress hall, central France, Thursday, Oct. 10, 2019. French President Emmanuel Macron said the conference of the Global Fund to fight against AIDS, tuberculosis and malaria raised at least $13.92 billion for the next three years. (Ludovic Marin/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia- Kapan berakhirnya pandemi virus corona (Covid-19) masih menjadi misteri terbesar di dunia pada saat ini. Namun, pendiri Microsoft Bill Gates punya prediksi sendiri kapan Covid-19 berakhir, atau paling tidak bisa dikendalikan.

"Saya pikir pada akhir 2021, Covid akan berada di belakang kita," ujar Bill Gates menjawab pertanyaan kapada pandemi akan selesai seperti dilansir dari Paris Matchs, Jumat (7/8/2020).

Gates memperkirakan angka kematian masih bisa meningkat pada 3-4 bulan mendatang. Pekiraan secara global bisa meningkat hingga 1 juta kematian. Jika penanganan bisa berlangsung baik menurutnya maka angka kematian seharusnya bisa kurang dari 1,5 juta orang.


"Tetapi skenario ini jika vaksin maupun obat segera ada," kata Bill gates dilansir dari Paris Match, Jumat (07/08/2020).

Untuk pengobatan pasien Covid-19 menurutnya harus segera ditemukan obatnya paling lambat tahun ini. Ada beberapa teknologi yang tengah bersaing salah satunya antibodi monoklonal yang menurutnya membawa harapan.

"Meski demikian vaksin tetap diharapkan bisa hadir pada akhir 2020 di skenario terbaik, atau pada semester I-2021. Setelah itu, harus disetujui, kemudian disebarluaskan, dan tantangan utamanya adalah bagi mereka yang memiliki paling banyak membutuhkan tetapi tidak akan memiliki sarana untuk membelinya," kata Gates.

Hal ini bisa terjadi pada negara-negara berkembang, dan menurutnya yayasan yang dimilikinya tengah mengupayakan solusinya. Menurut Gates pihaknya membiayayi banyak proyek sains yang mencoba untuk memproduksi vaksin dalam skala besar.

"Setiap hari saya berbicara pada pemimpin laboratorium yang saya coba cocokan dengan produsen yang kompatibel di India, atau tempat lain yang akan segera memproduksi miliaran dosis. Jadi kami bekerja dengan banyak jumlah kandidat dengan berbagi profil, dan ini membuat kami senang dan optimistis," kata Gates.

Dia juga menceritakan sebelum merebaknya pandemi Covid-19, dia menyesali tidak bertindak lebih cepat. Menurutnya jika dia bertindak lebih cepat dan berinvestasi pada alat yang tepat, seharusnya bisa mengatasi datangnya pandemi ini serta menghindari bencana ini. Pada 2018, gates pernah menulis jurnal ilmiah tentang mengendalikan pandemi.

"Jelas kami tidak berhasil, bahkan jika beberapa inisiatif telah mencoba untuk menanggapi masalah ini," kata Gates.

Dia juga mengkhawatirkan kerusakan yang disebabkan oleh pandemi ini terhadap ekonomi global, sistem kesehatan terutama di nagara berkembang. Perang melawan pandemi ini membuat upaya melawan malaria atau HIV menjadi lebih sulit.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading