Pernyataan Lengkap Pendaftaran Kartu Prakerja Buka Pekan Ini

Tech - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
03 August 2020 10:46
Penerima Kartu Prakerja akan Terima Rp 3,55 Juta per Bulan

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen Pengelola Kartu Prakerja menjanjikan Kartu Prakerja gelombang 4 akan kembali dibuka paling lambat sebelum akhir pekan ini. Saat ini manajemen sedang mempersiapkan aturan hukum pelaksana program ini.

Dalam keterangan persnya, manajemen mengungungkapkan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) 76/2020 tentang Kartu Prakerja sedang difinalisasi bersama dengan beberapa kesempatan dengan berbagai kementerian dan lembaga.

"Di sisi operasi, Manajemen Pelaksana sedang menyiapkan hal-hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite," ujar manajemen seperti dikutip Senin (3/8/2020).


Berikut pernyataan resmi manajemen pengelola Kartu Prakerja yang disampaikan akhir pekan lalu.

Kami ingin menyampaikan perkembangan rencana pembukaan pendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja.

Saat ini Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) 76/2020 sedang difinalisasi. Beberapa kesepakatan dari berbagai Kementerian dan Lembaga juga sedang diproses. Di sisi operasi, Manajemen Pelaksana sedang menyiapkan hal-hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite.

Segera setelah diputuskan oleh Komite maka Manajemen Pelaksana akan membuka pendaftaran gelombang 4 yang diperkirakan sebelum akhir pekan depan.

Kuota jumlah penerima Kartu Prakerja per gelombang akan jauh lebih besar daripada 3 gelombang sebelumnya.

Cara mendaftarnya

Bagi kalian yang ingin mengikuti Kartu Prakerja, ingatlah bahwa pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan secara online melalui situs prakerja.go.id. Patut diingat untuk ikut program ini harus berwarga negara Indonesia, usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Program ini memiliki anggaran Rp 20 triliun yang akan dikucurkan kepada 5.605.634 peserta di mana masing-masing peserta akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3,5 juta.

Berikut ini cara mendaftar ikut program kartu pra kerja di situs prakerja.go.id:

  1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id. Untuk ini kamu harus memasukkan email dan nomor ponsel. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.

  2. Selanjutnya login akun dan klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran.

  3. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar.
  4. Jika dinyatakan lulus maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading