Bukan September, Apple Jual iPhone 12 Bulan Oktober 2020

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
31 July 2020 11:28
FILE PHOTO: A man looks at the screen of his mobile phone in front of an Apple logo outside its store in Shanghai, China on July 30, 2017.   REUTERS/Aly Song/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Prediksi waktu peluncuran iPhone 12 terjawab sudah. Chief Financial Officer Apple, Luca Maestri mengatakan bahwa iPhone baru mungkin tidak diluncurkan pada bulan September seperti biasanya.

"Seperti yang Anda tahu, tahun lalu kami mulai menjual iPhone baru pada akhir September. Tahun ini, kami memproyeksikan pasokan akan tersedia beberapa minggu kemudian," kata Maestri, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (31/7/2020).

Kendati demikian, Apple belum bersedia untuk mengomentari apakah ini berlaku untuk semua iPhone 12 atau hanya model tertentu. Diharapkan, Apple mengumumkan beberapa model iPhone 12 dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti yang terjadi pada iPhone 11 tahun lalu.


Maestri tidak menjelaskan secara gamblang, namun terkadang Apple mengumumkan iPhone baru pada bulan September dan menjualnya kemudian. Misalnya pada 2017, Apple mengumumkan iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Sementara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mulai dijual pada bulan September, iPhone X tidak dirilis hingga November.

Qualcomm menyarankan penundaan itu dimungkinkan. Dalam laporan pendapatannya awal pekan ini, Qualcomm mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan pengiriman handset 5G akan 15% lebih rendah dari tahun ke tahun pada kuartal yang berakhir pada bulan September karena pelanggan menunda peluncuran telepon global 5G global. IPhone baru Apple diharapkan didukung jaringan 5G.

Wall Street Journal mengatakan pada bulan April bahwa produksi massal untuk iPhone baru telah ditunda sekitar satu bulan. Susquehanna mengatakan pada bulan Januari bahwa keputusan Apple untuk membuat modul antena sendiri akan menunda iPhone 5G tercepat hingga Desember atau Januari.

Sementara, Bank of America mengatakan pada bulan Maret iPhone 5G dapat ditunda karena virus corona. JPMorgan mengatakan iPhone baru Apple dapat ditunda satu hingga dua bulan.

Nikkei Asian Review mengatakan pada bulan Maret bahwa Apple sedang mempertimbangkan menunda peluncuran iPhone berkaitan dengan permintaan konsumen selama dan setelah epidemi Covid-19.

Ming Chi Kuo dari TF International Securities, seorang analis Apple terkemuka, mengatakan pada bulan April bahwa ia percaya iPhone Apple 6,1 inci dan 5,4 inci akan memasuki produksi massal pada bulan September tetapi model 6,7 inci yang lebih besar tidak akan diproduksi secara massal sampai Oktober.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading