Tak Banyak yang Tahu, BRI Kembangkan Teknologi Blockchain

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 July 2020 16:03
Direktur Utama BRI Sunarso

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengaku Blockchain akan menjadi salah satu misi dalam pengembangan dalam pemetaan digital banking.

"Kita ingin melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya seefisien mungkin. Mungkin tidak kita adopsi blockchain? Mau tak mau mengarah ke sana," katanya dalam Webinar Nasional "The Future of Digital Banking", Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, sistem Blockchain ini sangat relevan untuk melakukan transaksi secara internasional. Hal ini seiring dengan semakin sedikit orang yang melakukan transaksi menggunakan Letter of Credit (LC).


Dengan Blockchain, lanjutnya, semua transaksi akan semakin terbuka. Bahkan, proses yang membutuhkan jaminan tak perlu karena semua dilakukan secara transparan.

"Cita-cita kita di UMKM, kadang ada hal yang mahal, ketidakpastian, info tak nyambung. Dengan blockchain info akan transparan. Hal-hal tak pasti jadi pasti. Harus ke arah blockchain untuk pembiayaan dan transaksi di segmen UMKM," terangnya.

Salah satu bukti keseriusan BRI menuju ke sana adalah dengan melakukan open bank. Melalui BRI api, BRI sudah mulai mengarah ke Blockchain ini. BRI api adalah BRI Application Programming Interface, yang memungkinkan adanya integrasi aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI.

"Maka kita sudah tunjukkan masuk ke sana. E-commerce besar Tokopedia, Shopee sudah terkoneksi dengan BRI api," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading