'Hilang' dari Google Maps, 2 Peta Digital ini Akui Palestina

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
20 July 2020 13:24
Palestinians climb over a tree during a rally marking International Workers' Day, or Labour Day, in Gaza City May 1, 2019. REUTERS/Mohammed Salem

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepekan ini, Netizen Arab heboh dengan postingan Instagram yang menyebut Palestina dihapus dari peta digital Google Maps dan Apple Maps. Adakah peta digital yang menampilkan Palestina?

Adalah akun Instagram @astagfirollah yang menyulit kehebohan ini. Ia menyebut Google Maps dan Apple Maps secara resmi menghapus Pestina dari peta dunia.


[Gambas:Instagram]

Namun, beberapa waktu kemudian dia meralat postingan tersebut. Ia menyatakan postingannya tersebut berisi informasi palsu. Sebab Palestina tidak pernah masuk dalam peta dunia.

"Namun kita harus menyebarkan kesadaran tentang masalah ini. Karena peta berkembang ke kesadaran nasional kita. Kami MEMBUTUHKAN suara kamu untuk lebih keras saat ini," terangnya.

Terkait masalah ini, belum ada jawaban resmi dari Google tentang hal ini. Namun Independent menduga ini berkaitan dengan Amerika Serikat yang belum mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Alasan lain yang diajukan Independent adalah Palestina sebagai daerah yang disengketakan. Dalam keterangan Google Maps daerah yang disengketanya "ditampilkan dengan garis abu-abu putus-putus. Tempat-tempat yang tidak disetujui batasnya."

PalestinaFoto:Palestina di Google Earth (Doc. Google Earth)

Lantas adakah peta digital yang mencantumkan Palestina? Jawabannya ada. Bing Maps, peta digital milik Microsoft memiliki tag 'Palestine' pada petanya. Dalam keterangannya disebut Palestina adalah wilayah geografis di Asia Barat yang biasanya dianggap mencakup Israel, Tepi Barat, Jalur Gaza, dan dalam beberapa definisi, bagian dari Yordania barat.

PalestinaFoto: Palestina di Bing Maps (Doc. Bing Maps)

Peta digital Google Earth juga memiliki tag 'Palestine'. Dalam keterangan Google Earth dengan mengutip Wikipedia, Palestina adalah negara yang diakui oleh PBB dan negara lainnya yang secara de jure berada di Asia Barat yang diklaim berada di Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya meskipun pusat administarasinya ada di Ramallah saat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading