Benarkah Palestina Dihapus dari Google Maps? Cek Faktanya!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
18 July 2020 14:10
Ilustrasi Palestina. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa hari ini Netizen Arab sedang heboh soal isu Palestina dihapus dari peta digital Google Maps dan Apple Maps. Seperti apa faktanya?

Melansir The Independent, Sabtu (18/7/2020), masalah ini pertama kali diposting oleh akun Instagram @astagfirollah. Ia menuliskan Google Maps dan Apple Maps secara resmi menghapus Palestina dari peta dunia.


Namun beberapa waktu kemudian dia meralat postingan tersebut. Ia menyatakan postingannya tersebut berisi informasi palsu. Sebab Palestina tidak pernah masuk dalam peta dunia.

"Namun kita harus menyebarkan kesadaran tentang masalah ini. Karena peta berkembang ke kesadaran nasional kita. Kami MEMBUTUHKAN suara kamu untuk lebih keras saat ini," terangnya.

[Gambas:Instagram]

"Gunakan suara Anda. Gunakan kekuatanmu. Ini adalah tahun yang revolusioner, dan kami akan berjuang untuk perubahan yang diperlukan untuk membawa Palestina ke peta. #FreePalestine."

Bila kita telusuri Google Maps dan Apple Maps memang tidak ada label Palestina. Hanya nama Yerusalem dan Gaza dan West Bank untuk menggambarkan Palestina.

Lantas kenapa itu bisa terjadi? Belum ada jawaban resmi dari Google tentang hal ini. Namun Independent menduga ini berkaitan dengan Amerika Serikat yang belum mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Alasan lain yang diajukan Independent adalah Palestina sebagai daerah yang disengketakan. Dalam keterangan Google Maps daerah yang disengketanya "ditampilkan dengan garis abu-abu putus-putus. Tempat-tempat yang tidak disetujui batasnya."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading