FaceApp Terinstall di Ponsel Kamu? Baca Ini Sebelum Pakai!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
22 June 2020 10:01
Cara Download FaceApp Pro untuk Hilangkan Watermark di Foto (Screenshot Play Store)

Jakarta, CNBC Indonesia - FaceApp, aplikasi edit foto, kembali menjadi perhatian setelah peluncuran fitur terbaru 'swap gender'. Sebelum ikut tantangan aplikasi ini ada baiknya kamu baca dulu pesan dari perusahaan cybersecurity Kaspersky.

Menurut Analis Keamanan Senior Kaspersky, Fabio Assolini, FaceApp tidak mengandung elemen bahaya. Namun aplikasi ini menggunakan teknologi face recognition atau pengenalan wajah. Ini adalah teknologi yang digunakan terutama untuk otentikasi kada sandi sehingga pengguna harus berhati-hati dalam berbagi gambar dengan pihak ketiga.

"Kamu harus memperlakukan bentuk-bentuk otentikasi baru ini layaknya kata sandi, karena setiap sistem pengenalan wajah yang tersedia secara luas pada akhirnya dapat digunakan baik untuk hal bagus dan buruk," ujar Fabio Assolini dalam keterangan pers, Senin (22/6/2020).


Fabio Assolini menambahkan perusahaan yang memiliki aplikasi semacam itu berpotensi memfasilitasi atau menjual gambar-gambar tersebut kepada entitas yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat modifikasi pengenalan wajah.

"Selain itu, harus diperhitungkan bahwa data ini disimpan di server pihak ketiga, dan juga berpotensi untuk dicuri oleh para pelaku kejahatan siber dan digunakan sebagai identitas samaran" tambahnya.

Atas dasar ini, Kaspersky merekomendasikan bahwa sebelum bergabung dengan tantangan media sosial terbaru, pengguna harus mengetahui keamanan aplikasi dan mengunduhnya hanya dari toko resmi. Pengguna juga harus membaca persyaratan privasi untuk memahami hak dan jenis akses yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Jika Anda hendak mengunduh aplikasi, berikut beberapa tindakan pencegahan yang disarankan Kaspersky :

  • Pastikan aplikasi andal dan terpercaya, serta diunduh dari situs web resmi
  • Baca ketentuan privasi untuk memahami informasi apa saja yang diminta
  • Perlakukan pengenalan wajah layaknya kata sandi - jangan menggunakannya secara bebas.
  • Selalu periksa izin yang diminta, seperti login terkait dengan akun yang ada di jejaring sosial tertentu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading