Trump Sebut AS Punya 2 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Tech - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
07 June 2020 09:54
President Donald Trump looks through a face shield, in front of a poster of the manufacturing of the shields, while touring Ford Motor Co.'s Rawsonville Components Plant in Ypsilanti, Michigan on Thursday, May 21, 2020. (Daniel Mears/Detroit News via AP)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Donald Trump menyebut jika AS sudah menghasilkan dua juta dosis vaksin Covid-19 dan siap untuk digunakan. Para ilmuwan mencari tahu apakah itu aman dan efektif. Trump mengatakan kemajuan luar biasa sedang dibuat pada vaksin.

"Faktanya, kami sudah siap dalam hal transportasi dan logistik. Kami sudah memiliki lebih dari 2 juta dan siap untuk memenuhi pemeriksaan keselamatan," kata Trump pada konferensi pers Jumat pagi dari Gedung Putih sebagaimana dikutip dari CNBC Internasional, Mingggu (7/6/2020).

Trump juga mengatakan pihaknya melakukan sangat baik soal vaksin. "Saya pikir anda akan memiliki beberapa kejutan yang sangat positif dan terapi, kami lakukan dengan sangat baik. Sembuhkanlah, kami baik-baik saja."


Penasihat kesehatan Gedung Putih Dr. Anthony Fauci yang terlibat dalam upaya AS memproduksi vaksin menolak berkomentar apa yang disampaikan Trump. "Saya tidak mendengarnya mengatakan itu," ucapnya.


Seorang juru bicara Gedung Putih merujuk panggilan ke Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, yang mengalihkan panggilan kembali ke Gedung Putih. Tak satu pun dari mereka memiliki jawaban langsung terhadap komentar Trump.

Pemerintahan Trump telah memilih lima perusahaan sebagai kandidat yang paling mungkin untuk menghasilkan vaksin untuk Covid-19 sebagaimana disampaikan The New York Times. Dia tidak mengatakan hari Jumat mana yang sudah memulai produksi vaksin.

National Institutes of Health telah bekerja dengan perusahaan biotek Moderna pada vaksin potensial untuk mencegah Covid-19. Penasihat kesehatan Gedung Putih, Dr. Anthony Fauci, mengatakan awal pekan ini bahwa setidaknya ada empat percobaan vaksin potensial yang melibatkan dirinya secara langsung atau tidak langsung.

Fauci mengatakan bahwa pada awal 2021 "kami berharap memiliki" beberapa juta dosis.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading