Google Android Tendang Aplikasi 'Anti-China' dari Play Store

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 June 2020 19:37
Google
Jakarta, CNBC Indonesia - Google memutuskan untuk menendang atau menghapus aplikasi Remove China Apps dari Play Store. Aplikasi ini dihapus karena melanggar aturan perilaku ekosistem Google.

Remove China Apps merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mendeteksi aplikasi buatan China kemudian dengan mudah menghapus aplikasi tersebut. Aplikasi ini populer di India dengan hingga Mei 2020 sudah didownload 5 juta kali.

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan India bernama OneTouch AppLabs dan popularitasnya menanjak sejak terjadi sengketa antara China dengan India mengenai perbatasan kedua negara di Himalaya.


Dalam beberapa hari terakhir beberapa selebriti di India telah menyuarakan soal penghapusan aplikasi asal China. Ini bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam menghadapi gertakan China, seperti dilansir dari TechCrunch, Kamis (4/6/2020).

Bila sentimen anti China terus berlanjut bisa berdampak buruk pada perusahaan China di India. Salah satunya TikTok. India merupakan pasar utama aplikasi buatan Bytedance ini. Tower Sensor mencatat aplikasi TikTok sudah didownload lebih dari 661 juta kali di India.

Begitu juga bagi UC Browser, mesin peramban milik Alibaba yang menjadikan India sebagai pasar terbesar di luar China.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading