Sebelum Ada Vaksin, Ini Satu-Satunya Cara Jitu Lawan Covid-19

Tech - Exist In Exist, CNBC Indonesia
24 May 2020 20:18
Pembagian Takjil Gratis dengan Penerapan Jaga Jarak (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkap satu-satunya cara jitu yang dapat dilakukan untuk melawan pandemi Covid-19 sebelum vaksin ditemukan adalah menerapkan pola hidup normal dengan cara baru (new normal).

"Sampai saat ini para ahli di seluruh dunia masih bekerja keras untuk betul-betul bisa memahami tentang virus ini. Sehingga kemudian bisa ditemukan obat yang terpilih dan vaksin yang bisa digunakan untuk memunculkan kekebalan," ujarnya dalam konferensi pers, Minggu (24/5/2020).

"Sepanjang upaya ini belum ada hasilnya atau belum mendapatkan hasil yang terbaik yang bisa disepakati untuk dipakai seluruh dunia, maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah menjaga jangan sampai terinfeksi, menjaga jangan sampai tertular penyakit ini," tambah Yuri.


Menurutnya, upaya ini bisa dilakukan kalau seluruh masyarakat memahami berbagai informasi terkait virus ini, mulai dari bagaimana cara penularan penyakit ini, siapa yang bisa ditularkan, dan lain-lain.

Ia menegaskan situasi yang tengah dihadapi dunia saat ini masih belum normal. Untuk itu, lanjutnya, kita juga tidak boleh berpikir dan berperilaku seperti keadaan sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

"Bahkan seluruh dunia pun sudah mengakui ini, bahwa kita semuanya di seluruh dunia ini tidak akan bisa kembali pada kondisi normal seperti zaman dulu lagi sebelum ada Pandemi covid19," jelasnya.

Ia juga tak bosan menghimbau masyarakat untuk terus melakukan jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan mengurangi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Kita harus hidup normal dengan cara yang baru. Kita tidak boleh mundur setapak pun untuk tidak produktif. Sekali lagi kita harus tetap produktif tapi aman dari Covid-19," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading