Pengumuman! Google Play Music Bakal Dibunuh Tahun Ini

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
13 May 2020 14:42
FILE PHOTO: A logo is pictured at Google's European Engineering Center in Zurich, Switzerland July 19,  2018   REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Google akhirnya mengkonfirmasi akan mematikan Google Play Music, aplikasi pemutar musik di ponsel Android dan iPhone, pada akhir tahun ini. Sebagai gantinya pengguna diarahkan untuk menggunakan YouTube Music.

Sebelum menutup layanan ini, Google meluncurkan tombol transfer cepat. Dengan tombol ini pengguna akan dengan mudah memindahkan perpustakaan musik dan daftar musik ke YouTube Music.

"Kami ingin memastikan semua orang punya waktu mentransfer konten mereka dan terbiasa dengan YouTube Music, jadi kami akan memberikan banyak pemberitahuan di depan ke pengguna bahwa tidak akan ada lagi akses ke Google Play Music akhir tahun ini," ujar Google seperti dikutip dari Mashable, Rabu (13/5/2020).


"Semua pengguna Google Play Music akan segera menerima email dengan instruksi terperinci tentang cara mulai mentransfer lengkap riwayat dan konten Google Play Music Anda, serta Podcast, ke rumah baru mereka."

Untuk Podcast, Google akan mengarahkan pengguna untuk mencobai aplikasi Google Podcast, aplikasi yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik milik Google yang mirip dengan Spotify. Pengguna mendengarkan musik secara gratis tetapi diselingi iklan. Bila tak ingin ada iklan, pengguna bisa membayar biaya berlangganan.

Beda YouTube Music dari Spotify terletak dari adanya fitur pencarian bernama Google smarth search di Youtube Music yang memungkinkan pengguna mencari konten musik lewat kata kunci apapun.
Artikel Selanjutnya

Begini Komitmen Google Menjaga Privasi Data Pengguna


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading