Oppo Ungkap 'Bahaya' Fast Charging Bagi Ponsel, Apa Itu?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
12 May 2020 12:33
Infografis: Ponsel Cepat Low Batt? 10 Aplikasi ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Kini sudah hal yang lumrah bila produsen ponsel menawarkan fitur pengisian daya cepat (faster charging). Oppo kini mengungkap soal risiko dari menggunakan faster charging 40 W bagi ponsel pengguna.

Melansir Gizchina, Selasa (12/5/2020), faster charging 40 W bisa berdampak pada usia baterai. Bahkan faster charging sebenarnya tidak lebih baik dari charging standar.


"Faster charging 40w bisa mempengaruhi usia baterai hingga 70%, jika dibandingkan dengan charging 15w daya hidup baterai sampai 90%," ujar Oppo.

Pengakuan ini juga diungkap oleh pemilik akun twitter @Andre.f pada kamis pekan lalu. Ia mengatakan Oppo mengkonfirmasi secara langsung bahwa 40w menurunkan kapasitas 70% dalam siklus yang sama 15w akan menjadi 90%.


Oppo sendiri baru saja meluncurkan ponsel dengan faster charging 40w bulan lalu, Oppo Ace2. Ponsel ini memiliki chipset Snapdragon 865 dengan kapasitas baterai 4.000 mAh.

Mungkin inilah sebabnya Google dan Apple tidak mengikuti tren teknologi ini dengan menghadirkan faster charging berdaya besar.

Beberapa produsen smartphone lain sedang berusaha untuk memperlambat penurunan usia baterai dengan berbagai cara. Salah satunya memperlambat kecepatan pengisian setelah baterai terisi 50%.

[Gambas:Video CNBC]





Artikel Selanjutnya

Diluncurkan Hari Ini, Intip Spesifikasi & Harga Oppo Reno 4


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading