Terungkap, Bill Gates Timbun Makanan Sebelum Wabah Corona

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 April 2020 09:15
jennifer gates anak bill gates
Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah pandemi virus corona Covid-19, orang-orang di seluruh dunia tentu ada yang merasa panic buying dan diantaranya menimbun makanan sebagai persediaan jangka panjang.


Namun Bill Gates dan Melinda Gates mulai menimbun makanan di ruang bawah tanah mereka bertahun-tahun jauh sebelum pandemi saat ini.

"Beberapa tahun yang lalu, kami berbicara tentang, 'Bagaimana jika tidak ada air bersih?  Bagaimana jika tidak ada makanan yang cukup?  Ke mana kita pergi?  Apa yang mungkin kita lakukan sebagai keluarga? Jadi, saya pikir kita harus melakukan persiapan itu untuk diri kita sendiri," kata Melinda Gates kepada BBC Radio Live.


"Kami telah menyiapkan, dan memiliki beberapa makanan di ruang bawah tanah jika diperlukan, dan sekarang kami semua dalam situasi yang sama," katanya.



Melinda mengatakan mereka tidak mempersiapkan obat atau vaksin tertentu di gudang bawah tanah miliknya. Itu karena hingga saat ini tidak ada alat atau obat untuk Covid-19.

"Ini adalah penyakit yang kita semua miliki bersama," katanya di BBC Radio.

Meski begitu, dia juga mengakui ada hak istimewa yang dimiliki keluarganya dan ia bersyukur atas hal itu.

"Apa yang sering kita bicarakan sekarang di rumah setiap malam adalah betapa beruntungnya kita.  Kami memahami hak istimewa kami.  Ketika kami mengucapkan rahmat kami di malam hari, apa yang kami syukuri di meja, adalah bahwa kami tidak perlu berjuang untuk menyantap makanan di atas meja sebagaimana banyaknya keluarga di dunia" kata Melinda.

Sejak 2010, Bill Gates telah memperingatkan akan ada pandemi hebat  setelah wabah H1N1 2009. Saat acara Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine (NEJM), Bill mengatakan dunia tidak siap untuk peristiwa semacam itu, dan seharusnya ini menjadi perhatian semua orang.

"Dunia perlu mempersiapkan pandemi dengan cara yang sama seriusnya mempersiapkan perang," katanya.

Bill Gates pun telah bersiap untuk perang sejak kecil hingga tumbuh dewasa selama Perang Dingin, keluarganya memiliki barel khusus di ruang bawah tanah yang diisi dengan makanan kaleng dan air bersih.

"Ketika saya masih kecil, bencana yang paling kami khawatirkan adalah perang nuklir.  Ketika serangan nuklir datang, kami seharusnya turun, berjongkok, dan makan di luar tong itu.  Hari ini risiko terbesar dari bencana global tidak terlihat seperti virus menular," katanya dalam Ted Talk 2015.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading