Simak! Ini Respons Gojek & Grab Soal Larangan Ojol PSBB

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
10 April 2020 12:39
Ojek online tidak bisa beroperasi selama dua pekan ini di Jakarta, berikut penjelasan dari Gojek dan Grab
Jakarta, CNBC Indonesia - Berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada hari ini, Jumat, (10/4/2020) di Jakarta membuat ojek online (ojol) dilarang untuk beroperasi membawa penumpang. Meskipun begitu, ojol masih diperbolehkan untuk mengirim barang atau mengantar makanan.

Menanggapi hal itu, Chief of Corporate Affairs, Nila Marita mengatakan bahwa ia mendukung kebijakan pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid-19 dan mengakui bahwa layanan Go-ride sementara akan dihentikan.

"Larangan ojek online membawa penumpang selama penerapan PSBB pada 10 - 23 April berdampak pada berhentinya sementara salah satu layanan yang disediakan oleh mitra driver Gojek di Jabodetabek, yaitu layanan transportasi roda dua GoRide," kata Nila kepada CNBC Indonesia, (10/4/2020).


Nila menambahkan kalau layanan lainnya seperti GoCar dan GoBlueBirdmasih tersedia dengan catatan maksimal jumlah penumpang hanya 2 orang. Selain itu, layanan GoFood, GoSend, GoMart, GoShop, dan GoBox tetap berjalan seperti biasanya.



"Kami menyediakan masker bagi seluruh mitra untuk memastikan kesehatan bersama. Kami juga mengingatkan agar penumpang GoCar menggunakan masker selama perjalanan, dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan lewat aplikasi," kata Nila.

Serupa, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi juga menyatakan bahwa pihaknya juga akan menghentikkan sementara layanan GrabBike selama PSBB berlangsung di Jakarta untuk mendukung kebijakan pemerintah.

"Kami telah menonaktifkan sementara layanan GrabBike di DKI Jakarta untuk mendukung PSBB yang telah ditetapkan," kata Neneng kepada CNBC Indonesia, (8/4/2020).

Walau begitu, ia mengatakan kalau Grab telah bersiaga dan menyiapkan armada khusus selama pandemi ini, baik untuk GrabBike maupun GrabCar.

"Kami telah menyiagakan 1.000 armada khusus berupa mobil GrabCar yang dilengkapi dengan partisi plastik antara kursi pengemudi dan penumpang serta 1.000 GrabBike di seluruh Indonesia bagi tenaga medis agar mereka bisa tetap bisa menjalankan tugas," kata Neneng.




[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading