Jangan Kudet! iPhone Kini Bisa Jalankan Android 10

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
06 March 2020 17:31
Menjalankan Android di iPhone rasanya mustahil sebab Apple memiliki iOS. Namun, startup cybersecurity Corellium melalui Project Sandcastle bisa lakukan hal ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menjalankan sistem operasi (OS) Android di iPhone rasanya tidak mungkin sebab Apple memiliki iOS. Namun, startup cybersecurity Corellium melalui Project Sandcastle bisa melakukan hal ini.

Project Sandcastle berhasil menjalankan Android 10 di iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPod Touch dengan menggunakan exploit jailbreak ckecra1n. Namun beberapa fitur seperti audio, kamera, bluetooth atau menginstal aplikasi dari Google Play store tidak tersedia.


"Project Sandcastle merupakan project senang-senang membangun sesuatu dari hardware," ujar CEO Corellium Amanda Gorton, seperti dilansir dari Forbes, Jumat (6/3/2020).

Salah satu pendiri Corellium Chris Wade mengatakan exploit jailbreak ckecra1n tidak akan berfungsi pada iPhone 5S ke bawah dan iPhone 11 ke atas. Namun ia menyatakan hal ini bisa terjadi di masa depan jika ditemukan jailbreak baru.


"iPhone membatasi pengguna untuk beroperasi di dalam sandbox. Tapi ketika pengguna membeli iPhone, mereka harus memiliki hardware iPhone. Jadi ketika sandbox menciptakan penghalang dan batasan ke hardware milik pengguna, sandcastles menyediakan peluang untuk menciptakan sesuatu yang baru," jelas Corellium dalam keterangan persnya.

Jika tertarik mencoba pengguna iPhone bisa mengunjungi situs ProjectSandcastlle.org dan mengikuti instruksi yang ada. Corellium akan terus mengupdate software ini.


Namun melakukan Jailbreak seperti Checkra1n memuat iPhone kurang aman, menghilangkan Sandbox bisa buat data pengguna dicuri hacker. Maklum, Sandbox berguna mencegah kode berbahaya dari satu aplikasi.

Project Sandcastle akan membuat hubungan Corellium dengan Apple semakin memburuk. Salah satu pendiri Corellium, David Wang pernah berseturu dengan Apple karena pernah menginstal Android pada iPhone generasi pertama.


Pada Agustus 2019 Corellium digugat oleh Apple di pengadilan atas tuduhan pelanggaran hak cipta karena membuat software versi iPhone testing dan security.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading