Bercanda Soal Corona, Youtuber Terkaya Ini Dikecam Netizen

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
24 February 2020 20:16
Bercanda Soal Corona, Youtuber Terkaya Ini Dikecam Netizen
Jakarta, CNBC Indonesia-  Setelah istirahat selama sebulan, akhirnya Felix Kjellberg atau yang lebih dikenal PewDiePie kembali lagi di dunia Youtube pada Sabtu, (22/2/2020). Namun debut kembalinya ini malah mendapat banyak kritik dari netizen, lantaran leluconnya mengenai virus corona di video yang ia unggah.

Video berjudul "I went on a break for 30 days & this happened" yang diunggah PewDiePie pada 22 Februari 2020, mendapat jumlah dislike sebanyak 19 ribu dikarenakan di dalam video ia memperagakkan memakai masker serta bercanda tentang virus corona.

Lewar candaannya, misalnya menyebut corona sebagai coronachan pun mendapat sorotan negatif dari netizen. Namun dirinya menanggapi  dengan cukup santai sembari mengklarifikasi apa yang ia maksud dari videonya.


"Meskipun aku menertawakan sesuatu, bukan berarti aku berpikir itu lucu," ujarnya, sebagaimana dikutip dari Dexerto, (24/2/2020).



Ia pun membandingkan dan menghubungkannya leluconnya dengan artikel dari salah satu media di mana netizen China banyak yang membuat meme soal corona virus sendiri.

"Dengar, kalau kalian pikir ini adalah lelucon yang rasis, tapi orang China atau Jepang juga melakukan lelucon seperti ini. Jika orang-orang China berkelakar tentang ini, aku juga bisa. Ini mekanisme coping!" katanya.

Terlepas dari lelucon yang ia buat. PewDiePie mengatakan kepada pemirsanya untuk tetap menjaga kesehatan dan berbagi beberapa tips tentang bagaimana menghindari sakit. "Semua para pembuat meme, harus tetap aman. Cuci tanganmu. Buang barang-barang kalau kamu batuk."

Komentar netizen pun berdatangan, ada yang tidak sepaham dengan PewDiePie, namun ada juga yang membelanya.

"Hal itu seharusnya tidak menjadi meme mengingat orang-orang banyak yang meninggal karena hal sialan itu," tulis seorang warganet.

"Felix: Membuat sebuah lelucon soal virus corona. Setiap kanal berita: pewdiepie kembali dengan bercandaan rasis, pewdiepie kembali ke kebiasaan lamanya, pewdiepie rasis, pewdiepie bercanda soal orang-orang yang meninggal," ujar yang lain bermaksud sarkas. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading