Intip 7 Fitur Rahasia Google Maps yang OK tapi Jarang Dipakai

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
14 February 2020 08:51
Intip 7 Fitur Rahasia Google Maps yang OK tapi Jarang Dipakai
Jakarta, CNBC Indonesia - Mungkin bagi kebanyakan orang hanya mengetahui Google Maps sebagai aplikasi penunjuk arah. Namun bila lebih teliti, aplikasi tersebut menawarkan beberapa fitur lainnya.

Selain bisa membantu menemukan lokasi atau tempat yang ingin dikunjungi. Google Maps juga bisa memungkinkan kita melihat kemacetan atau jadwal keberangkatan transportasi umum seperti busway ataupun kereta.

Oleh karena itu, CNBC Indonesia akan membagikan 7 fitur tersembunyi yang tidak diketahui orang banyak di Google Maps:


1. Dapat diakses tanpa kuota
Lewat fitur 'offline maps', Google Maps sebenarnya menawarkan penggunanya untuk mengakses peta lokasi tanpa kuota. Pengguna hanya perlu pergi ke menu kemudian pilih 'offline maps', kemudian pilih 'download offline map', lalu anda bisa mengatur peta sejauh yang anda ingin unduh.


2. Dapat melihat lokasi seseorang secara real-time
Bagi kalian yang khawatir bila pasangan cenderung akan berselingkuh, kalian bisa gunakan fitur Location Sharing di Google Maps untuk memantaunya. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu ke Menu, pilih Location Sharing, lalu kirim izin untuk mengakses fitur tersebut ke pasangan. Lewat Location Sharing ini memungkinkan dua orang saling memberikan lokasi secara real-time dengan jangka waktu tertentu.


3. Bisa pesan restoran tanpa harus ngantre
Menunggu antrean bagi banyak orang adalah hal yang menyebalkan namun Google Maps memiliki fitur reservasi restoran. Untuk menggunakannya, pengguna bisa langsung mencari nama restoran atau pilih tab 'Explore' agar bisa melihat restoran terdekat.

Begitu pengguna memilih restoran, pengguna bisa melihat opsi untuk memesan meja atau menaruh nama di daftar tunggu apabila restoran menyediakan fitur ini. Sayangnya masih belum banyak restoran yang terdaftar fitur ini di Google Maps.

4. Bisa langsung memesan transportasi online
Masih banyak yang belum tahu bahwa Google Maps bisa langsung memesan transportasi online. Untuk dapat menikmati fitur ini, pengguna cukup membuka Google Maps lalu pilih tempat tujuan, setelahnya klik "Direction" untuk melihat informasi layanan transportasi online di Tab paling kanan. Jadi lebih efesien.


5. Bisa menjadikan pengguna sebagai reviewer
Bagi kalian yang aktif bepergian, Google Maps menawarkan penggunanya menjadi 'local guide' yaitu seseorang yang sering menuliskan review di lokasi yang dikunjungi, menilai rating tempat, dan menambahkan foto dan video akan diberikan reward.

Setiap local guide akan memiliki level dan poin. Semakin tinggi poin yang didapat maka eksistensi anda sebagai reviewer juga semakin dipercaya. Untuk mendaftar local guide bisa di klik : https://maps.google.com/localguides/home.

6. Melihat riwayat lokasi yang sudah dikunjungi
Untuk kalian yang lupa akan lokasi tempat yang pernah dikunjungi. Google Maps mempunyai opsi untuk anda melihat lokasi terdahulu. Caranya pilih Menu dan klik 'your timeline'. Lalu, pilih tanggal sesuai keinginan dan akan tampil di layar.

7. Peta bisa diperbesar hanya dengan satu jari
Fitur ini sesungguhnya sederhana tetapi berguna ketika menyudutkan kita di dalam kejadian tertentu. Jadi, pengguna bisa dengan mudah memperbesar dan memperkecil peta tanpa harus melakukan gestur mencubit. Pengguna harus memosisikan lokasi yang akan diperbesar di tengah peta. Kemudian pengguna bisa ketuk layar dua kali.



[Gambas:Video CNBC]



(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading