WhatsApp Klaim Punya 2 Miliar Pengguna, TikTok Bukan Ancaman?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
13 February 2020 12:21
WhatsApp mengklaim kini memiliki 2 miliar pengguna aktif per bulan. WhatsApp menjadi platform media sosial kedua yang mencetak sejarah ini setelah Facebook.
Jakarta, CNBC IndonesiaWhatsApp mengklaim kini memiliki 2 miliar pengguna aktif per bulan. WhatsApp menjadi platform media sosial kedua yang mencetak sejarah ini setelah Facebook.

"Dengan senang hati kami memberitahukan bahwa mulai hari ini, WhatsApp mendukung lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia," ujar WhatsApp dalam keterangan pers, Kamis (13/2/2020).


Sayang WhatsApp tak menyebut bagaimana cara menghitung jumlah penggunanya. Namun sejak 2014, ketika diakuisisi Facebook Inc seharga US$19 miliar, WhatsApp terus meningkatkan popularitasnya di kelompok anak muda.


WhatsApp tidak merinci bagaimana cara menghitung jumlah pengguna, tetapi mengatakan memiliki 500 juta pengguna pada tahun 2014, ketika Facebook Inc membeli startup pengiriman pesan seluler seharga $ 19 miliar untuk meningkatkan popularitasnya, terutama di antara kerumunan yang lebih muda.

Pencapaian ini memang tergolong fantastis, pasalnya tak banyak aplikasi yang memiliki pengguna di atas 2 miliar. Pada Desember 2019, Facebook mengklaim memiliki 2,5 miliar pengguna aktif per bulan.

Lalu bagaimana dengan TikTok? Menurut laporan Sensor Tower sepanjang 2019 sudah ada 700 juta kali download aplikasi milik Bytedance ini. Angka ini melampaui  Facebook dan FB Messenger. Tetapi masih di belakang WhatsApp, yang didownload lebih dari 850 juta kali.

Pasar terbesar TikTok tahun lalu adalah India, di mana 44% pengunduh berasal dari negeri Bollywood ini, meskipun aplikasi ini sempat dilarang sementara oleh pemerintah pada bulan April.

Pesatnya perkembanganTikTok telah membuatCEOFacebook MarkZuckerberg meminta karyawannya untuk mengalahkan aplikasi ini.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading