Google Luncurkan Fitur Belanja Baru, Ancam E-commerce?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
17 January 2020 14:53
Mesin pencari web Google meluncurkan sebuah fitur baru yang memudahkan pengguna untuk menemukan pakaian idaman secara spesifik di dalam kolom pencarian.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mesin pencari web Google meluncurkan sebuah fitur baru yang memudahkan pengguna untuk menemukan pakaian idaman secara spesifik di dalam kolom pencarian. Hal ini diprakarsai oleh minat berbelanja online yang terus meningkat.

"Belum ada opsi daring yang memudahkan pengguna untuk bisa menemukan inspirasi, membandingkan pilihan dan memutuskan apa dan di mana untuk membeli pakaian," ujar Denise Ho, Group Product Manager, dilansir dari Google Blog, (17/1/2020).


Nantinya anda akan bisa melihat pakaian, sepatu, dan aksesori dari seluruh web di satu tempat dalam pencarian Google di ponsel. Sehingga pengguna dapat dengan mudah menelusuri banyak toko dan merek yang berbeda sekaligus.


Caranya sendiri, cukup cari pakaian atau aksesori seperti ketik "sepatu lari", "ikat pinggang wanita" atau "celana lebar" lalu Google akan mengidentifikasi produk-produk populer dari toko-toko di web dan menyatukannya di bagian baru di pencarian.

Selain itu anda dapat memfilter sesuai model, toko, dan jenis ukuran. Dan jika anda ingin mempelajari lebih lanjut atau bersiap untuk membeli, cukup klik saja gambar pakaian yang tertera lalu anda akan dibawa ketautan toko web yang menyediakannya.

"Dengan pengalaman baru ini, kami telah melakukan kerja keras untuk anda dengan menyatukan produk dari banyak toko. Anda juga akan memiliki akses cepat ke ulasan jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat sebuah review," ujar Denise Ho.

Untuk memungkinkan fitur ini, Google mengindeks dan mengatur produk dari lebih dari satu juta toko online, dan memperbarui informasi ini secara teratur.

Google juga menerangkan bahwa pihaknya tidak memungut biaya dari para toko online/pengecer. Para pengecer secara gratis dapat ditampilkan produknya asal jenis produk yang dijual sesuai syarat yang telah ditentukan (https://support.google.com/merchants/answer/9668403).

Sayangnya, fitur ini sementara hanya diluncurkan di Amerika Serikat. Belum ada keterangan lebih lanjut apakah fitur ini akan dibawa secara global. Namun, Denise Ho menuturkan kalau Google akan memperluas fitur ini ke lebih banyak kueri, kategori, perangkat, dan produk.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading