Cek PNS yang Kerja Laiknya Start Up, Jokowi: Bagus Sekali Ya

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 January 2020 10:45
Cek PNS yang Kerja Laiknya Start Up, Jokowi: Bagus Sekali Ya
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan "Integrated Digital Work (IDW)" di kantor Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Bappenas, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

IDW merupakan sarana atau fasilitas yang dimiliki kementerian untuk memantau progres kinerja Kementerian PPN/Bappenas dan program pembangunan nasional terintegrasi yang dicanangkan pemerintah.

Istilah IDW sendiri dapat diartikan sebagai flexible work. Artinya, setiap aparatur sipil negara (ASN) nantinya tidak perlu repot-repot ke kantor, karena bisa bekerja dari mana saja layaknya pekerja start up.


Jokowi sendiri tiba di kantor Kementerian PPN/Bappenas sekitar pukul 08:45 WIB, dan disambut langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di lobby utama.

Jokowi turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Jokowi memulai kunjungannya dengan meninjau sejumlah ruangan di lantai 2. Salah satunya, ruangan yang sudah dilengkapi empat layar monitor besar yang menampilkan rencana kerja pemerintah.

Foto: Presiden Joko Widodo di kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Kamis (16/1/2020) (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)


Setelah itu, Jokowi mendatangi ruangan co working place. Di sini, Jokowi melihat bagaimana para pekerja menjadi satu, dan tak lagi duduk bersamping-sampingan yang dibatasi dengan bilik ruangan.

Di ruangan ini, semua pegawai Kementerian PPN/Bappenas bekerja secara terbuka. Ruangan ini berfungsi sebagai area terintegrasi antarpegawai Kementerian PPN/Bappenas. Tidak ada komputer, hanya laptop pintar yang bisa di bawa ke mana-mana.

Jokowi pun tampak berbincang sedikit dengan sejumlah ASN, meskipun diskusi hanya berlangsung sebentar. Kepala negara kemudian menuju balkon untuk melihat pemandangan Taman Suropati.

"Bagus sekali ya," kata Jokowi yang didampingi Suharso di balkon Kementerian PPN/Bappenas.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading