Penjelasan Lengkap PUBG Cs Bikin RI Rugi Triliunan Rupiah

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 January 2020 07:07
Penjelasan Lengkap PUBG Cs Bikin RI Rugi Triliunan Rupiah
Jakarta, CNBC Indonesia - Game online seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Fortnite, Mobile Legends dan sejenisnya ternyata bisa membuat Indonesia rugi triliunan rupiah. Penyebabnya mereka tidak menjalankan bisnis di Indonesia.

PUBG dan game sejenis bikin rugi Indonesia karena ketika pengguna memainkan game online dan membeli peralatan atau item dari game tersebut dananya akan lari ke luar negeri. Maklum, publisher game atau studio berada di luar negeri.


Jika hal ini terjadi terus menerus akan memengaruhi neraca pembayaran Indonesia (NPI). Defisitnya akan semakin melebar. Pada 2018 lalu defisit NPI sudah tembus US$7,1 miliar padahal setahun sebelumnya masih surplus US$11,6 miliar.


"Kalau kita main game itu kelihatan enggak di NPI? Sekarang sih enggak, tapi yang pasti itu uang Indonesia ke luar. Mungkin hanya setengah dolar, tapi kalau yang main dua juta orang, ya itu uang keluar untuk games itu," ujarnya Mirza Adityaswara dalam Seminar Nasional: Sinergi untuk Ketahanan dan Pertumbuhan, Rabu (27/3/2019).

Mirza mengungkapkan pada dasarnya game online tidak akan mengganggu Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) jika memang dibuat oleh anak bangsa seperti industri perfilman di mana film lokal sudah jadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menurut Mirza, walaupun saat ini sudah banyak developer game dari tanah air. Namun belum semasif dari luar.

"Mungkin sudah ada game buatan lokal, dan mudah-mudahan nanti game buatan Indonesia akan semakin familiar dan mengambil market share lebih besar. Sekarang kita belum hitung kontribusinya," katanya.

Lebih jauh, Mirza mengatakan intinya Indonesia harus bisa berusaha dan memproduksi dari dalam negeri sendiri. Produktivitas bisa meningkat, dan mendatangkan devisa.

Sebuah lembaga riset, Newzoo mencatat total pendapatan industri game di Indonesia pada tahun 2017 mencapai US$ 880 juta atau setara dengan Rp 11 triliun. Dengan jumlah tersebut, Indonesia tercatat sebagai pasar industri game terbesar ke-16 di dunia.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading