Smartfren Sudah Bikin eSIM Card, Operator Telko Lain?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
09 December 2019 17:52
Dengan hadirnya iPhone 11 yang mendukung teknologi eSIM. Smartfren membuat sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan produk eSIM Smartfren.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dengan hadirnya iPhone 11 yang mendukung teknologi eSIM. Smartfren membuat sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan produk eSIM Smartfren.

"Kami melihat bahwa eSIM sebuah teknologi baru yang akan mendominasi dunia telekomunikasi," ujar Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, saat peluncuran eSIM, (9/12). Lewat produk baru tersebut, Smartfren menjadi operator seluler pertama yang mempunyai eSIM.


Menanggapi tren eSIM yang kini tengah diadopsi banyak produk smartphone terbaru, seperti Google Pixel 3, Samsung Galaxy Fold, hingga Motorola Razr, dan tentunya iPhone 11 series. 


Telkomsel pun diproyeksikan akan meluncurkan eSIM di waktu mendatang. "Tidak hanya terus menggelar jaringan broadband berkualitas hingga pelosok tanah air, kami juga  selalu update teknologi terbaru di dunia telekomunikasi, tak terkecuali penerapan teknologi e-SIM," kata Indra Mardiatna, Vice President Technology Strategy Telkomsel, kepada wartawan CNBC Indonesia, Senin(9/12/2019).

Indra juga menambahkan bahwa pihaknya kini sedang fokus me-review teknologi eSIM, sebelum benar-benar akan diluncurkan.

"Dalam perkembangan e-SIM di Indonesia, Telkomsel juga akan mentaati regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nantinya," terang Indra.

Beberapa merek smartphone yang mendukung teknologi eSIM antara lain: iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max; Google Pixel 2, 3, 3A, dan 4; Samsung Galaxy Fold dan Motorola Razr.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading