Hadang Dominasi Spotify & Joox, YouTube Music Hadir di RI

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 November 2019 15:04
Hadang Dominasi Spotify & Joox, YouTube Music Hadir di RI
Jakarta, CNBC Indonesia - YouTube menghadirkan serentak layanan baru berupa aplikasi dan platform streaming musik di tujuh negara, lima di antaranya ada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Aplikasi tersebut adalah YouTube Music dan juga YouTube Music Premium.

Kedua aplikasi ini dikabarkan akan bersaing dengan streaming musik seperti Apple Music dan Spotify, serta layanan streaming video seperti Netflix.

YouTube Music didesain untuk mendengarkan lagu yang sudah tersedia di platform YouTube, yang bisa didengarkan dengan atau tanpa video. Lagu-lagu tersebut bisa didengarkan tanpa perlu memutar videonya.


Tersedia juga ribuan playlist, stasiun radio artis, lagu cover, pementasan live, dan bermacam video musik lain yang bisa didengarkan lewat YouTube Music, yang merupakan layanan gratis dengan iklan. Sementara YouTube Music Premium adalah layanan berbayar tanpa iklan.




"Tidak semua pengguna mau membayar biaya berlangganan, namun bisa dibilang semua suka musik. Jadi mereka bisa menikmati dengan dukungan iklan, juga yang tanpa iklan," ujar Brandon Bilinski, Group Product Manager at Google, dikutip dari detikInet, Rabu (5/11).

Bilinski menyebut mayoritas pemasukan mereka dari layanan ini akan diberikan kepada para kreator konten. Sebab menurutnya, platform yang bagus adalah platform yang bisa memberikan penghasilan kepada para kreator.

Pada kesempatan yang sama, Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ), YouTube and YouTube Go, Ruuben Van Den Heuvel menyebut pihak YouTube membutuhkan beberapa tahun untuk mengurus copyright video musik di Indonesia.

Ruuben mengaku sudah menjalin kerja sama dengan berbagai label major dan indie yang ada di Indonesia. Di sisi lain, pihaknya juga membutuhkan proses yang lebih panjang untuk mengurus copyright lagu yang dicover oleh penyanyi lain.




Aplikasi YouTube Music mulai tersedia pada 7 November, dan bisa diunduh dari Google Play Store dan App Store. Hampir sama seperti Spotify, YouTube Music Premium memberikan tiga bulan langganan gratis yang berlaku untuk pengguna yang mendaftar sampai 26 November mendatang. Setelah itu, pengguna akan dikenakan tarif Rp 49 ribu.

Selain YouTube Music, YouTube pun menghadirkan YouTube Premium di Indonesia. Biaya berlangganan YouTube Premium mulai dari Rp 59 ribu per bulan, yang mencakup langganan YouTube Music Premium dan pengalaman bebas iklan serta pemutaran video di latar belakang dan download video.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading