Logo Baru Selesaikan Semua Masalah Facebook, Kenapa?

Tech - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
05 November 2019 19:24
Logo Baru Selesaikan Semua Masalah Facebook, Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini (5/11/2019) Facebook meluncurkan logo baru. Logo tersebut dibuat menggunakan tipografi Graphics Interchange Format (GIF) bertuliskan 'Facebook'.

GIF berupa tipografi yang menyala dengan berbagai warna itu bertujuan merepresentasikan berbagai macam brand yang dinaungi perusahaan, seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lainnya. Warna biru untuk Facebook, Hijau untuk Whatsapp, merah muda untuk Instagram, dan sebagainya.


Perusahaan memperkenalkan logo perusahaan baru untuk lebih membedakan perusahaan Facebook dari aplikasi Facebook, yang akan mempertahankan brandingnya sendiri.


Layanan utama perusahaan meliputi aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal, dan Calibra. Aplikasi dan teknologi ini telah berbagi infrastruktur selama bertahun-tahun dan tim di belakangnya sering bekerja bersama-sama.

"Perubahan ini adalah cara untuk mengkomunikasikan struktur kepemilikan kami dengan lebih baik kepada orang-orang dan perusahaan yang menggunakan layanan kami untuk menghubungkan, berbagi, membangun komunitas, dan menumbuhkan audiens mereka," tulis Antonio Lucio, kepala pemasaran Facebook, sebagaimana dilansir dari newsroom.fb.com, Selasa (05/11/2019).

Logo itu diharapkan sudah terpasang 'dalam beberapa minggu ke depan'. Sebelumnya Facebook telah tulisan "from Facebook" di beberapa aplikasi, logo itu nantinya menggantikan logo Facebook berwarna biru yang terdahulu.

Facebook selalu menggunakan 'tanda kata' jejaring sosialnya untuk mewakili perusahaan sebagai satu kesatuan. Namun, 15 tahun sejak berdirinya perusahaan itu, Facebook merasa perlu untuk membedakan diri dari jejaring sosial lain yang dinaunginya.

Facebook mengatakan, tujuan menambahkan kolom "from Facebook" adalah untuk memberi tahu orang bahwa aplikasinya memiliki "infrastruktur bersama" dan juga mengandalkan tim yang sama.

"Orang harus tahu perusahaan mana yang membuat produk yang mereka gunakan," kata Antonio Lucio, kepala pemasaran Facebook, sebagaimana dilansir dari The Verge.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading