Alasan Kenapa Aplikasi Keyboard Keren Ini Harus Dihapus

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
04 November 2019 13:50
Aplikasi keyboard populer ai.type diketahui mengandung malware jahat yang bisa menguras kantong penggunanya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi keyboard populer ai.type diketahui mengandung malware jahat yang bisa menguras kantong penggunanya. Disarankan untuk menghapus aplikasi ini dari ponsel android kamu.

ai.type diketahui melakukan pembelian konten-konten premium tanpa izin pemilik ponsel. Selain itu aplikasi ini bekerja di latar belakang (background) untuk mengklik iklan yang membantu aktor jahat atau pembuat aplikasi menghasilkan pendapatan dari klik palsu.


Aplikasi ini ditemukan oleh Upstream Security D dan telah dihapus dari Google Play. Sebelumnya aplikasi ini sudah didownload lebih dari 40 juta kali. Meski sudah dihapus aktivitasnya masih terlihat. Upstream Security mencatat aplikasi tersebut telah menyebabkan masalah di 13 negara. Brasil dan Mesir yang paling rentan.


Upstream Security telah mencegah 14 juta transaksi mencurigakan terkait dengan ai.type. Permintaan ini dibuat dari 110.000 perangkat yang telah memasang ai.type. Jika tak dicegah pengguna android akan menelan kerugian lebih dari US$18 juta atau setara Rp 252 miliar (US$1 = Rp 14.000).

"ai.type berisi software development kits (SDKs) dengan tautan yang sudah dikodekan ke iklan dan mengaitkannya dengan layanan berlangganan (subscribes) tanpa persetujuan pemilik ponsel," ujar Dimitris Maniatis, Head of Secure-D Upstream, seperti dikutip dari Phonearena, Senin (3/11/2019).

"Aplikasi ini bekerja di latar belakang sehingga pengguna tidak menyadari hal yang sedang terjadi. Selain itu, SDK mengaburkan tautan yang relevan dan mengunduh tautan yang relevan dan mengunduh kode tambahan dari sumber eksternal untuk mempersulit deteksi."

Artikel Selanjutnya

24 Aplikasi ini Disusupi Virus Jahat Joker, Uninstall Segera!


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading